15 Cara Menghemat Kuota Internet di Android

15 Cara Menghemat Kuota Internet di Android

15 Cara Menghemat Kuota Internet di Android

mayuhmacah.com - Merasa kuota internet di HP Android-mu cepat habis? atau mungkin kamu merasa kuota yang tadinya cukup untuk sebulan, kini habis dalam seminggu? Tenang, aku punya beberapa tips ampuh untuk kamu yang ingin menghemat kuota internet.

Di era digital ini, kebutuhan akan internet semakin besar. Baik untuk bekerja, belajar, atau sekadar berselancar di media sosial, kuota internet adalah hal yang penting.

Jadi, bagaimana caranya menghemat kuota internet agar tidak cepat habis? Nah, kali ini, aku akan membahas berbagai cara dan tips yang bisa kamu coba untuk menghemat kuota internet di smartphone Android-mu.


1. Aktifkan Data Saver

Fitur "Data Saver" atau "Penghemat Data" adalah fitur yang biasanya tersedia dalam pengaturan aplikasi atau browser. Fitur ini dirancang untuk mengurangi konsumsi data dengan cara mengoptimalkan tampilan dan fungsi aplikasi.

Misalnya, dalam aplikasi YouTube, fitur ini akan menurunkan kualitas video untuk menghemat penggunaan data.

Contoh pada penggunaan di browser, fitur ini mungkin akan mengurangi elemen-elemen yang tidak penting dalam halaman web sehingga halaman tersebut membutuhkan lebih sedikit data untuk dimuat.

Pengaktifan fitur ini bisa sangat membantu dalam mengurangi konsumsi kuota internet sehari-hari. Namun, perlu diingat bahwa kualitas pengalaman pengguna mungkin akan sedikit berkurang.

2. Hanya Update Aplikasi Via Wi-Fi

Mengupdate aplikasi melalui data seluler bisa menguras kuota internetmu. Karena sebagian besar aplikasi terus mengalami perkembangan dan peningkatan, yang berarti ukuran file update-nya juga menjadi lebih besar dari waktu ke waktu.

Oleh karena itu, sangat disarankan untuk hanya mengupdate aplikasi saat kamu terhubung ke Wi-Fi.

Umumnya, smartphone memiliki fitur yang memungkinkan pengguna untuk menyetel aplikasi hanya diperbarui melalui Wi-Fi. Dengan mengaktifkan fitur ini, kamu dapat mencegah aplikasi dari update otomatis menggunakan data seluler.

Untuk caranya bisa ikuti langkah berikut:

15 Cara Menghemat Kuota Internet di Android

  • Buka Google Play Store
  • Tap pada menu profil (di pojok kanan atas), pilih 'Setelan'
  • Pada 'Prefrensi jaringan', pilih 'Update aplikasi secara otomatis'
  • Kemudian pilih 'Update hanya melalui Wi-Fi'

Hal ini tidak hanya akan membantu kamu menghemat kuota internet, tetapi juga memastikan bahwa update aplikasi tidak akan mengganggu aktivitas online lainnya yang sedang kamu lakukan.

3. Nonaktifkan Auto-Sync

Fitur Auto-Sync merupakan fitur bawaan pada hampir semua smartphone yang secara otomatis akan menyinkronkan data aplikasi dengan server.

Fitur ini sangat berguna untuk memastikan data aplikasi selalu up-to-date, namun sayangnya juga bisa menghabiskan kuota data selulermu, karena proses sinkronisasi data ini seringkali melibatkan pengiriman dan penerimaan data secara konstan.

Contohnya seperti aplikasi email, media sosial, dan cloud storage, yang secara rutin memeriksa server untuk update baru dan secara otomatis mendownload data tersebut ke perangkatmu, bahkan ketika kamu tidak membuka aplikasi tersebut.

Untuk menghemat kuota internet, kamu bisa menonaktifkan fitur Auto-Sync ini, caranya:

15 Cara Menghemat Kuota Internet di Android

  • Buka 'Setelan' Android
  • Pilih 'Akun'
  • Kemudian matikan 'Otomatis sinkronkan data'

Harap diingat bahwa meskipun ini bisa menghemat data, tapi juga bisa membuat data aplikasi tidak up-to-date. Jadi sebaiknya gunakan fitur ini dengan bijak.

4. Batasi Penggunaan Data Background

Penggunaan data background terjadi ketika aplikasi di ponsel kamu menjalankan proses tertentu meski tidak digunakan secara aktif.

Misalnya, aplikasi media sosial bisa memperbarui timeline atau mengunduh foto dan video baru meski kamu tidak membuka aplikasi tersebut. Hal ini tentu saja dapat menguras kuota data.

Untuk menghemat kuota data, kamu dapat membatasi penggunaan data background ini. Caranya adalah dengan mengubah pengaturan di setiap aplikasi atau secara keseluruhan melalui pengaturan ponsel.

Caranya, kamu bisa masuk ke 'Setelan', lalu pilih 'Penggunaan data'. Disini, kamu akan melihat daftar aplikasi dan seberapa banyak data yang mereka gunakan. kamu dapat memilih masing-masing aplikasi dan mematikan 'Data latar belakang'.

5. Gunakan Aplikasi Offline

Memanfaatkan aplikasi offline adalah strategi cerdas lainnya untuk menghemat kuota data. Aplikasi offline memungkinkan pengguna untuk mengakses konten atau fitur tertentu tanpa perlu terhubung ke internet.

Misalnya, aplikasi pembaca buku elektronik memungkinkan kamu untuk mendownload buku dan membacanya kapan saja, tanpa perlu konektivitas internet lagi.

Demikian pula, aplikasi navigasi seperti Google Maps menawarkan fitur download peta area tertentu yang bisa diakses secara offline.

Penting juga untuk mencari aplikasi yang memiliki mode offline, seperti Spotify yang memiliki fitur 'offline mode' dimana kamu dapat mendownload lagu-lagu favoritmu dan mendengarkannya tanpa harus online.

Namun, perlu diingat bahwa mendownload konten untuk digunakan secara offline sebaiknya dilakukan saat kamu terhubung ke Wi-Fi untuk menghindari penggunaan data seluler.

6. Nonaktifkan Video Auto-Play

Video auto-play adalah fitur yang secara otomatis memutar video saat kamu menggulir halaman, biasanya ditemukan di aplikasi media sosial seperti Facebook, Instagram, dan Twitter.

Meskipun fitur ini dapat meningkatkan pengalaman pengguna, namun dapat menghabiskan kuota data seluler dengan cepat terutama jika video tersebut berdurasi panjang dan beresolusi tinggi.

Oleh karena itu, mematikan fitur auto-play video ini bisa menjadi cara efektif untuk menghemat kuota data. Cara untuk menonaktifkan fitur ini berbeda-beda di setiap platform.

Misalnya, pada Facebook:

  • Buka aplikasi Facebook
  • Tap pada menu (tiga garis horizontal), gulir ke bawah dan pilih 'Pengaturan & privasi'
  • Kemudian 'Pengaturan'. Cari bagian 'Media', kemudian pada 'Putar otomatis', pilih 'Jangan pernah putar video otomatis'

Dengan mematikan fitur auto-play video ini, video tidak akan otomatis diputar dan kuota data kamu tidak akan terbuang sia-sia. Namun, kamu masih bisa memutar video tersebut dengan men-tap-nya secara manual.

7. Matikan Update Otomatis

Fitur Update Otomatis adalah fitur yang memungkinkan aplikasi yang terinstal pada smartphone kamu untuk diperbarui secara otomatis saat ada update terbaru tersedia. Ini berarti bahwa aplikasi kamu akan selalu memiliki fitur dan keamanan terbaru.

Namun, sayangnya, proses ini bisa menghabiskan kuota data kamu secara signifikan, terutama jika aplikasi yang diupdate adalah aplikasi besar dengan banyak fitur.

Untuk menghemat kuota data, kamu bisa memilih untuk mematikan fitur ini. Caranya adalah dengan mengubah pengaturan di Google Play Store.

  • Buka Google Play Store
  • Tap pada menu profil (di pojok kanan atas), pilih 'Setelan'
  • Pada 'Prefrensi jaringan', pilih 'Update aplikasi secara otomatis'
  • Kemudian pilih 'Jangan update aplikasi secara otomatis'

Dengan mematikan fitur ini, aplikasi kamu tidak akan diperbarui oleh sistem secara otomatis.

8. Kurangi Streaming

Streaming musik atau video adalah salah satu penggunaan data yang paling berat. Hal ini berlaku jika kamu sering streaming konten dengan resolusi tinggi. Mengurangi aktivitas streaming bisa menjadi cara yang efektif untuk menghemat kuota internet.

Sebagai alternatif, pertimbangkan untuk mendownload konten saat terhubung ke jaringan Wi-Fi, dan kemudian menikmatinya secara offline. Misalnya, banyak layanan streaming musik dan video, seperti Spotify dan Netflix, menawarkan fitur ini.

Jika mendownload konten bukanlah pilihan atau kamu perlu melakukan streaming, pertimbangkan untuk mengurangi kualitas streaming. Banyak layanan streaming memungkinkan kamu untuk mengubah kualitas video atau audio.

Meskipun kualitas mungkin sedikit berkurang, namun hal ini bisa sangat membantu dalam menghemat kuota data internet.

9. Gunakan Mode Hemat Data

Mode Hemat Data adalah fitur yang ditawarkan oleh sebagian besar browser modern dan beberapa aplikasi, yang bertujuan untuk mengurangi penggunaan data seluler saat kamu menjelajah internet atau menggunakan aplikasi.

Misalnya di browser, fitur ini bisa mengurangi kualitas gambar atau video, menghilangkan elemen halaman yang tidak penting, atau bahkan memblokir pengunduhan konten tertentu sepenuhnya.

Namun, penting untuk diingat bahwa Mode Hemat Data mungkin tidak tersedia atau tidak efektif di semua aplikasi atau situs web.

10. Hapus Aplikasi yang Tidak Perlu

Aplikasi di smartphone meskipun tidak aktif, dapat menggunakan data seluler di latar belakang untuk pembaruan, sinkronisasi, atau pengiriman notifikasi.

Salah satu cara paling efektif untuk menghemat kuota data adalah dengan menghapus aplikasi yang tidak kamu gunakan atau yang jarang kamu gunakan.

Setelah kamu menghapus aplikasi yang tidak perlu, mungkin juga ingin mempertimbangkan untuk menonaktifkan pembaruan otomatis untuk aplikasi yang masih kamu pertahankan. Ini juga akan membantu menghemat kuota data lebih lanjut.

11. Batasi Penggunaan Cloud

Layanan cloud memainkan peran penting dalam kehidupan digital kita sehari-hari, memungkinkan kita untuk menyimpan dan mengakses file dari berbagai perangkat.

Namun, penggunaan cloud secara intensif dapat menguras kuota data internet, terutama jika kamu sering melakukan sinkronisasi atau backup data secara otomatis. Pertimbangkan untuk membatasi penggunaan layanan cloud saat kamu terhubung ke data seluler.

Kamu dapat melakukan ini dengan mengubah pengaturan pada aplikasi cloud, seperti Google Drive atau Dropbox, untuk mencegah mereka melakukan sinkronisasi atau backup data secara otomatis saat menggunakan data seluler.

Sebaliknya, aturlah agar aplikasi melakukan sinkronisasi atau backup hanya saat smartphone kamu terhubung ke Wi-Fi.

12. Gunakan Browser yang Efisien

Beberapa browser telah dirancang khusus untuk mengurangi penggunaan data. Misalnya, Google Chrome dan Opera Mini menawarkan mode hemat data, yang mengoptimalkan halaman web untuk mengurangi penggunaan data.

Google Chrome, misalnya, memiliki fitur "Lite Mode" yang dapat mengurangi penggunaan data saat kamu menjelajah web. Fitur ini bekerja dengan menampilkan versi ringan dari halaman web, yang mengkonsumsi lebih sedikit data.

Opera Mini, di sisi lain, menggunakan teknologi kompresi yang unik untuk mengurangi ukuran halaman web hingga 90%. Ini berarti bahwa kamu bisa mendapatkan konten yang sama dengan menggunakan jauh lebih sedikit data.

Selain itu, menggunakan browser yang efisien juga dapat membantu menghemat baterai dan mempercepat waktu pemuatan halaman. Jadi, cobalah beberapa browser dan lihat mana yang paling efisien dalam hal penggunaan data untuk kebutuhan kamu.

Namun, penting untuk diingat bahwa mengurangi penggunaan data mungkin berpengaruh pada tampilan dan fungsionalitas beberapa situs web. Dalam beberapa kasus, kamu mungkin perlu menonaktifkan mode hemat data untuk mengakses semua fitur situs web.

13. Manfaatkan Fitur Offline Maps

Fitur ini memungkinkan kamu untuk mengunduh peta area tertentu saat terhubung ke Wi-Fi dan kemudian mengaksesnya kapan saja tanpa menggunakan data seluler. Fitur Offline Maps pada aplikasi navigasi populer seperti Google Maps dan Here WeGo.

Ini sangat berguna ketika kamu berada di daerah dengan koneksi yang tidak stabil atau saat kamu bepergian ke luar negeri dan ingin menghemat data roaming.

Google Maps, misalnya, memungkinkan kamu untuk mengunduh peta wilayah tertentu ke perangkat. Setelah kamu mengunduh peta tersebut, kamu dapat menggunakan Google Maps seperti biasa, meskipun smartphone tidak memiliki koneksi internet.

Penting untuk diingat bahwa peta offline mungkin tidak selalu berisi informasi terbaru atau terlengkap. Jadi, jika kamu membutuhkan petunjuk arah real-time atau informasi lalu lintas, kamu mungkin perlu menggunakan data seluler.

14. Matikan Layanan Lokasi

Banyak aplikasi yang secara otomatis menggunakan layanan lokasi ini untuk memberikan fitur atau layanan tertentu, seperti aplikasi cuaca, peta, media sosial, toko online dan lain sebagainya.

Dengan mematikan layanan lokasi ini, kamu bisa menghemat penggunaan data seluler. Tentu saja, ada beberapa aplikasi atau fitur yang memang memerlukan layanan lokasi untuk berfungsi dengan baik.

Oleh karena itu, sebaiknya aktifkan layanan lokasi ini hanya saat kamu benar-benar membutuhkannya.

15. Pakai Versi Lite atau Versi Web

Menggunakan versi "Lite" atau versi web dari aplikasi biasanya mengkonsumsi lebih sedikit data dibandingkan dengan menggunakan aplikasi penuh.

Aplikasi lite dirancang untuk beroperasi dengan efisien pada jaringan yang lambat atau tidak stabil dan pada perangkat dengan spesifikasi yang lebih rendah.

Aplikasi lite mempunyai ukuran file yang lebih kecil dan menggunakan lebih sedikit penyimpanan sistem, yang berarti mereka juga lebih hemat memori. Misalnya, Facebook Lite adalah versi ringan dari aplikasi Facebook yang dirancang untuk penggunaan data minimal.

Sementara itu, menggunakan versi web dari layanan seperti Twitter atau Instagram, ketimbang aplikasi mobile mereka, dapat menghemat data karena situs web biasanya tidak memuat sebanyak data yang tidak perlu seperti aplikasi.

Itulah serangkaian tips dan trik untuk membuat kuota internetmu tahan lama dan tetap bisa menikmati serunya dunia maya! Jadi, yuk mulai sekarang, jangan biarkan kuota internetmu terkuras habis tanpa manfaat.