Tips dari SehatQ Untuk Memilih Nama Bayi yang Baik

Tips dari SehatQ Untuk Memilih Nama Bayi yang Baik

MayuhMacah.com - Memilih nama bayi adalah hal penting dan wajib bagi kamu sebagai orang tua. Saat memberi nama bayi, penting untuk diingat bahwa nama itu akan dibawa oleh si anak sepanjang hidupnya.

Kebanyakan orang tua menghabiskan waktu berminggu-minggu atau bahkan berbulan-bulan untuk mencari nama bayi mereka dengan bertanya-tanya kepada teman dan kerabat dekatnya atau mencarinya di internet.

Juga, nama yang kamu pilih dapat mempengaruhi keberuntungan anak karena diyakini bahwa “Nama adalah Doa”. Jadi setiap nama memiliki energi atau kekuatan yang terkait dengannya. oleh karena itu, harus dipikirkan dengan baik.

Bingung memilih nama bayi? Ada beberapa tips nih dari SehatQ.com untuk menentukan nama bagi si Kecil.

Tips Memilih Nama untuk Bayi Kamu


Beberapa orang tua memilih nama bayi mereka masih dalam kandungan, sementara yang lain menunggu sampai bayi mereka lahir. Saat memilih nama bayi, beberapa hal yang harus diperhatikan seperti jenis kelamin bayi, silsilah keluarga, budaya dan yang harus dipertimbangkan lagi seperti:

1. Pikirkan Tentang Nama Panggilan


Selain memilih nama panjang untuk si bayi, kamu juga perlu perhatikan nama panggilan untuknya nanti, (misalnya Rin untuk Serina). Karena kelak teman-temannya akan memanggilnya dengan nama ini, pastikan si anak nantinya suka dengan nama panggilan tersebut.

2. Perhatikan Inisial


Sering mendengar nama CJ di game GTA? Itu adalah inisial dari Carl Johnson, sebagian orang lebih mengingat inisialnya. Jadi, jangan memilih nama bayi yang nantinya dijadikan inisial akan menjadi sebuah kata yang memalukan, misalnya Tiara Amalia Indri.

3. Pilih yang Mudah Dikatakan


Alangkah lebih baiknya kamu memilih nama untuk bayi yang mudah dikatakan maupun dieja. Hal ini sangat penting diperhatikan pada saat pembuatan dokumen seperti akta kelahiran, ijasah dan dokumen penting lainnya sebelum berakibat fatal disebabkan salah dalam mengeja nama.

4. Mempunyai Arti yang Baik


Dalam hal ini orangtua sering mengabaikan arti dari nama bayi yang dipilih, kebanyakan yang penting nama yang dipilih modern, “kekininan” tanpa memperhatikan arti dari nama tersebut yang ternyata mengandung arti tidak baik yang membuat malu si anak nantinya.

Berilah nama yang memiliki arti yang baik, misal Uswatun Hasanah yang berarti Teladan yang Baik atau Aydan Alzam yang mengandung arti Pemuda yang selalu dan penuh semangat.

5. Cari yang Unik, Jangan Gunakan Nama Pasaran


Jangan mengikuti tren, jangan memilih nama yang sudah banyak digunakan oleh anak-anak pada umumnya, coba cari yang unik atau beda. Tapi ingat poin sebelumnya, meski unik pilihlah yang mudah dieja dan harus mempunyai arti yang baik dan pastikan si anak tidak kesulitan mengucapkan namanya sendiri.

6. Menyeleksi Nama yang Sudah Dipilih


Jika sudah mengumpulkan banyak pilihan nama untuk bayi kamu, entah itu dari buku, novel maupun internet, selanjutnya tentukan dua sampai tiga nama yang paling kamu sukai dan tentunya menarik. Bisa dipertimbangkan juga nama keluarga, etnis atau budaya.

7. Bicarakan dengan Orang Terdekat


Memilih nama untuk bayi jangan menentukan sepihak, bicarakan juga dengan pasangan kamu, orangtua dan keluarga lainnya, pilih nama bayi secara bersama sesuai kesepakatan. Berilah daftar nama yang sudah kamu seleksi sebelumnya atau bisa meminta saran nama lain yang lebih baik.

Dengan tips dari SehatQ diatas kamu sebagai orangtua sudah tidak perlu bingung lagi memilih nama untuk si calon bayi. Tidak hanya itu, di SehatQ kamu juga bisa menemukan info kesehatan dan Review produk seperti rekomendasi Susu Ibu Hamil yang bagus untuk perkembangan janin agar bisa tumbuh dengan baik dalam kandungan.