Kiat Sukses Menjadi Guru yang Baik dan Menyenangkan

Kiat Sukses Menjadi Guru yang Baik dan Menyenangkan

MayuhMacah.com • Menjadi guru yang baik sangat penting, dan guru yang baik adalah seseorang yang akan diingat dan dihargai oleh siswa nya selama sisa hidup mereka. Tapi apa yang membuat seorang guru benar-benar baik? Ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan dalam menjawab pertanyaan ini.

Seorang guru yang baik memahami komunikasi dengan siswa nya, mendengarkan, kolaborasi, adaptasi, dan kesabaran. Guru yang baik dapat membuat perbedaan dalam kehidupan siswa, memengaruhi segalanya mulai dari pembelajaran di kelas hingga kesuksesan mereka.

Sebuah studi dari American Economics Association (AEA) menemukan bahwa kualitas guru berdampak banyak dalam segala hal mulai dari kualitas kuliah yang dihadiri siswa hingga karir siswa, kualitas lingkungan mereka dan bahkan tingkat partisipasi masa depan mereka.

Seorang guru yang baik dapat mengubah hidup seseorang. Setiap guru ingin dapat mempengaruhi siswanya untuk menjadi anggota masyarakat yang produktif. Jadi dalam hal ini membutuhkan metode pembelajaran yang tepat untuk memotivasi siswanya.

Pertanyaan di benak setiap guru adalah: apa yang membuat seorang menjadi "guru yang baik" di mata para siswanya? Menurut admin sendiri ada banyak sebab yang muncul dalam pikiran ketika menggambarkan guru yang baik. Berikut adalah beberapa yang dianggap sangat penting.

Guru yang Baik adalah Komunikator yang Kuat


Keterampilan komunikasi berada di urutan pertama tentang apa yang membuat seorang guru dinilai baik oleh siswanya. Komunikasi yang efektif adalah aset penting untuk diperoleh baik dalam lingkungan profesional maupun dalam lingkungan yang akrab.

Sebagai seorang guru, komunikasi yang baik adalah kunci untuk membangun hubungan guru-murid dan membina lingkungan di mana siswa saling percaya. Keterampilan komunikasi yang kuat sangat penting untuk pembelajaran.

Guru harus dapat menyampaikan materi kelas secara efisien dan dengan desain yang dapat dipahami siswa. Dengan cara ini, siswa tahu dengan jelas apa yang mereka pikirkan tentang mereka.

Guru yang Baik adalah Pendengar yang Baik


Komunikasi yang hebat tidak berhenti ketika guru selesai berbicara. Mendengarkan dengan baik adalah salah satu keterampilan terpenting yang dibutuhkan untuk menjadi seorang guru. keterampilan mendengarkan yang efektif juga membantu seorang guru lebih memahami siswa dan menyesuaikan cara terbaik untuk belajar.

Mampu memahami siswa adalah salah satu kunci untuk menjadi guru yang baik dan membantu seorang guru untuk memahami apa yang dimengerti dan apa yang tidak ketika mengajar siswa. Keterampilan mendengarkan yang kuat membantu guru menciptakan lingkungan belajar yang lebih baik, lebih sehat, dan lebih berkualitas.

Jika seorang guru benar-benar dapat mendengar seorang siswa, mereka dapat belajar bagaimana menjangkau siswanya. Hal ini akan lebih baik bagi siswa untuk menerima dan mempelajari pelajaran yang diajarkan.

Guru yang Baik Menanamkan Rasa Percaya Diri


Rendahnya kepercayaan diri di kalangan siswa adalah salah satu masalah yang paling sulit bagi guru untuk mengatasinya. Contohnya banyak siswa tidak percaya bahwa guru mereka benar-benar percaya pada mereka, karenanya siswa yang tidak percaya diri cenderung memiliki lebih banyak masalah perilaku dan akademik.

Solusinya adalah jadikan pembelajaran berorientasi pada tujuan, artinya jika guru menetapkan tujuan yang ditentukan dengan siswa pada awal tahun ajaran atau bahkan setiap pelajaran ingin dimulai, seluruh siswa akan memiliki pemahaman yang lebih baik tentang pencapaian individu dan kolektifnya.

Kemudian menanamkan mindset berkembang, pola pikir berkembang membantu siswa menjadi lebih menerima pelajaran dan memberikan feedback dengan apa yang sudah dipelajari. beberapa cara untuk menanamkan mindset berkembang mencakup tindakan sederhana seperti mendorong siswa untuk memperluas tanggapan mereka.

Yakinkan siswa secara verbal. Jika siswa ingin percaya diri, katakan padanya bahwa Anda percaya padanya, Anda tidak akan meninggalkannya, anda memahami masalahnya dan anda ada untuknya. Banyak guru yang lupa akan hal ini.

Guru yang Baik Terbuka untuk Kerja Tim


Belajar bukanlah proses yang dapat anda kendalikan sendiri. Guru tidak bisa menanggung beban belajar sendirian dan harus terbuka bagi siswa untuk bekerja sama dan belajar. Banyak pendidik melihat diri mereka sebagai pemimpin dalam mengajar siswa mereka.

Hal seperti itu tidak sepenuhnya salah, hanya kurang tepat. Karena guru yang baik akan menempatkan dirinya pada posisi pemandu, bukan sebagai pemimpin.

Beban pendidikan ada pada siswa, tetapi mereka membutuhkan bantuan untuk dapat mengatasi mata pelajaran yang sulit misalnya. Di sinilah seharusnya keterampilan kerja tim seorang guru dibutuhkan, cobalah bekerja dengan siswa untuk membantu mereka mencapai dan mempertahankan pengetahuan mereka.

Guru yang Baik Itu Menarik


Siswa tidak membutuhkan guru yang sempurna. Siswa membutuhkan seorang guru yang bahagia. siapa yang akan membuat mereka bersemangat untuk datang ke sekolah dan menumbuhkan kecintaan untuk belajar.

Mampu melibatkan siswa dengan humor, pelajaran kreatif adalah bagian penting dari apa yang membuat seseorang menjadi guru yang baik. Ini bukan tentang datang, duduk dan hanya memberi tugas, ini tentang terlibat sepenuhnya dalam proses belajar.

Contohnya, di taman kanak-kanak, seorang guru yang menarik adalah orang yang melakukan aktivitas dengan siswa mereka di level mereka. Di sekolah menengah, seorang guru yang menarik mungkin adalah orang yang berpikir di luar kebiasaan, menambahkan humor ke dalam pelajaran mereka dan menemukan cara-cara kreatif dalam pembelajaran.

Guru yang Baik Memiliki Kesabaran


Kesabaran adalah suatu kebajikan, kesabaran Anda akan diuji saat bekerja sebagai pendidik. Menjadi seorang guru dan menangani banyak anak sekaligus bukanlah tugas yang mudah dan membutuhkan ekstra kesabaran.

Guru yang baik itu mengajarkan dari hati, bukan dari buku.

Dengan bersabar, seorang guru akan lebih mau memahami setiap individu siswa tersebut dan kelompok umur secara keseluruhan. Pendidikan yang baik datang dengan pengalaman, namun, memiliki kesabaran akan memungkinkan guru untuk belajar dan lebih memahami muridnya.

Jangan Pernah Berhenti Belajar


Membantu siswa belajar hanyalah setengah dari pekerjaan mengajar. Siswa bukanlah satu-satunya yang diharapkan untuk mempelajari satu atau dua hal. Guru harus terus-menerus mencari informasi baru dan relevan yang berkaitan dengan bidangnya.

Mereka yang mendidik perlu memiliki semua fakta dan banyak topik yang berubah seiring waktu. Terkadang, ditemukan informasi baru yang mengubah arah suatu disiplin ilmu.

Guru yang tidak terus-menerus menyerap informasi baru tidak akan bertahan lama. Untuk mengajar siswa secara efektif, Anda harus tetap terdidik dalam mata pelajaran yang Anda ajarkan. Teruslah membaca buku sebanyak yang Anda bisa dan Anda akan dapat mengikuti perubahannya.

Kesimpulan


Mengajar adalah profesi yang membutuhkan banyak kesabaran dan dedikasi. Namun, itu juga salah satu profesi paling berharga di luar sana. Anda adalah bagian dari salah satu sistem terpenting dalam masyarakat. Pendidikan sangat penting, dan masyarakat membutuhkan guru yang baik.