Deskripsi Pekerjaan, Tanggung Jawab dan Tugas Supervisor Restoran

Deskripsi Pekerjaan, Tanggung Jawab dan Tugas Supervisor Restoran

MayuhMacah.com - Apa tugas Supervisor Restoran? Supervisor restoran bertanggung jawab untuk mengawasi jalannya sehari-hari atau urusan restoran. Deskripsi pekerjaan supervisor restoran terdiri dari banyak tugas/fungsi karena dia pada dasarnya bertanggung jawab atas semua yang terjadi di restoran.

Tugas dasar seorang supervisor restoran adalah memastikan bahwa makanan disiapkan tepat pada waktunya, memastikan bahwa pelanggan puas, dan bahwa pekerja di dalam restoran mematuhi standar keamanan/layanan restoran setiap saat.

Nah, karena bisa dibilang tugas supervisor restoran ini sangat banyak tugasnya, admin akan rinci semua yang termasuk keterampilan, gaji dan tugas dari supervisor restoran.

Apa Saja Tugas Supervisor Restoran?


Seorang supervisor restoran biasanya memiliki berbagai tanggung jawab, yang mencakup:

  1. Memantau kehadiran karyawan dan menyelesaikan konflik penjadwalan.
  2. Memastikan bahwa standar keamanan pangan diikuti selama persiapan, memasak, dan penyimpanan bahan makanan.
  3. Mengelola keseluruhan operasi lokasi restoran, termasuk mengawasi karyawan dan memastikan kepuasan pelanggan.
  4. Melakukan pertemuan staf mingguan untuk membahas acara mendatang, acara spesial, dan topik terkait lainnya.
  5. Lakukan perawatan pada semua peralatan dan catatan restoran.
  6. Tinjau catatan kinerja karyawan dan berikan pelatihan untuk membantu meningkatkan kinerja (karyawan) mereka, bila perlu.
  7. Pastikan bahwa restoran memenuhi setiap bentuk persyaratan perizinan, seperti lisensi minuman dan makanan, dan segera menangani perbaikan yang harus dilakukan di dalam restoran.
  8. Mengembangkan dan menerapkan strategi pemasaran untuk rantai restoran untuk meningkatkan kesadaran dan mengarahkan lalu lintas pelanggan.
  9. Mengelola staf dengan mengatur jadwal kerja, melatih karyawan baru, menangani keluhan pelanggan, dan menyelesaikan konflik antar karyawan.
  10. Mengawasi staf dapur dengan memantau kualitas makanan, memesan persediaan, dan memastikan bahwa staf mengikuti prosedur keselamatan.
  11. Memastikan bahwa semua makanan disiapkan sesuai dengan standar perusahaan, termasuk tes rasa dan pemeriksaan presentasi.
  12. Jadwalkan semua kegiatan untuk staf restoran sesuai dengan pedoman dan pastikan seragam staf yang tepat setiap saat dan berikan bantuan kepada semua tamu dan atur semua persyaratan untuk makanan.
  13. Berkolaborasi dengan manajer untuk meninjau semua kinerja karyawan dan memberikan pelatihan untuk meningkatkan semua kinerja dan memantau semua permintaan tamu secara efisien untuk mencapai semua tujuan pelanggan dan mempertahankan pengetahuan tentang semua peraturan minuman dan makanan.

Gaji Supervisor Restoran


Gaji supervisor restoran di Indonesia bervariasi tergantung pada tingkat pendidikan, pengalaman bertahun-tahun, dan ukuran serta lokasi restoran. Mereka juga dapat memperoleh kompensasi tambahan dalam bentuk tip.

Untuk nominal nya admin dapat referensi dari jobstreet.co.id bahwa gaji supervisor restoran kecil seperti outlet atau baru merintis antara 2.5 juta sampai 4.5 juta per bulan, dan untuk restoran yang gede dan sudah punya nama berkisar 4.5 juta sampai 10 jutaan.

Pertumbuhan lapangan kerja akan didorong oleh ekspansi dan popularitas restoran yang terus berlanjut. Karena semakin banyak orang makan di restoran, permintaan akan supervisor restoran akan semakin meningkat.

Persyaratan untuk Menjadi Supervisor Restoran


Mau jadi supervisor restoran? biasanya harus memiliki kualifikasi berikut:

Pendidikan: Ijazah sekolah atau sertifikat sering kali menjadi persyaratan minimum untuk posisi supervisor restoran tingkat pemula. Beberapa restoran mungkin lebih memilih gelar sarjana di bidang perhotelan atau bidang yang terkait.

Pelatihan dan Pengalaman: Supervisor restoran biasanya menerima pelatihan di tempat kerja. Pelatihan ini mempelajari operasi dan prosedur restoran, dan bekerja dengan anggota staf lainnya. Pelatihan dapat berlangsung selama beberapa minggu atau bulan, tergantung pada ukuran restoran dan kompleksitas posisinya.

Sertifikasi dan Lisensi: Beberapa negara bagian mewajibkan pengawas restoran untuk mendapatkan izin penjamah makanan. Prosesnya bervariasi menurut lokasi, jadi kamu harus tahu apa saja sertifikat yang harus dipersiapkan.

Keterampilan, Kemampuan, dan Pengetahuan untuk menjadi Supervisor Restoran


Berikut adalah kualitas umum, keterampilan, kemampuan, dll. yang mungkin diharapkan untuk kamu penuhi sebelum dapat mengakses pekerjaan dengan sebagian besar perekrut:

  • Harus memiliki kemampuan komunikasi yang baik.
  • Harus memiliki kemampuan interpersonal yang sangat baik.
  • Harus dapat mengkoordinasikan dan mengatur berbagai kegiatan secara bersamaan.
  • Harus dapat menetapkan prioritas dengan benar dalam menjalankan restoran sehari-hari.
  • Harus memiliki kualitas kepemimpinan yang sangat baik.
  • Harus menunjukkan fleksibilitas dalam pendekatan untuk bekerja.
  • Harus menjadi pemain tim yang luar biasa.
  • Harus mengetahui dasar-dasar dan esensi dari hubungan pelanggan yang baik.
  • Gelar dalam bidang nutrisi dan/atau katering apa pun harus dimiliki.
  • Minimal 2 tahun pengalaman yang relevan dalam peran yang sama juga diperlukan.
  • Mungkin diharapkan untuk mengikuti tes penilaian pra-kerja dan lulus.

Mari kita bahas keterampilan supervisor restoran yang sangat penting untuk menjadi sukses:

Komunikasi: tindakan menyampaikan informasi kepada orang lain. Sebagai supervisor restoran, kamu mungkin diminta untuk berkomunikasi dengan karyawan, pelanggan, dan manajer. Komunikasi yang efektif dapat membantu kamu memimpin tim, menyelesaikan konflik, dan memberikan layanan pelanggan yang sangat baik.

Manajemen waktu: Sebagai supervisor restoran, kamu mungkin bertanggung jawab untuk mengawasi beberapa shift sekaligus. Ini berarti kamu mungkin perlu beralih di antara tugas dan karyawan yang berbeda sepanjang hari. Memiliki keterampilan manajemen waktu yang kuat dapat membantu kamu tetap pada tugas dan memastikan kamu menyelesaikan semua tugas.

Kerja tim: Supervisor restoran adalah pemimpin tim, jadi penting bagi mereka untuk dapat bekerja dengan orang lain. Kemampuan supervisor restoran untuk bekerja dengan anggota tim mereka untuk memecahkan masalah dan menyelesaikan tugas merupakan keterampilan penting yang harus dimiliki.

Kepemimpinan: Supervisor restoran adalah manajer yang mengawasi operasi harian restoran. Sebagai supervisor restoran, kamu bertanggung jawab untuk memastikan bahwa semua karyawan restoran menyelesaikan tugas dan tanggung jawabnya. Ini termasuk menugaskan tugas, memantau kinerja karyawan dan memberikan umpan balik.

Pemecahan masalah: Sebagai supervisor restoran, kamu mungkin diminta untuk memecahkan masalah dan mengatasi masalah yang muncul selama pekerjaan. Misalnya, jika pelanggan tidak puas dengan makanan mereka, kamu mungkin diminta untuk menyelesaikan masalah dan memastikan pelanggan puas. Menunjukkan kemampuan kamu untuk memecahkan masalah dapat membantu karir kamu meningkat.

Lingkungan Kerja Supervisor Restoran


Supervisor restoran biasanya bekerja di restoran, hotel, atau perusahaan layanan makanan lainnya. Mereka biasanya bekerja penuh waktu, dan beberapa mungkin bekerja lebih dari 40 jam per minggu. Mereka mungkin bekerja pagi, sore, akhir pekan, dan shift hari libur.

Beberapa supervisor restoran dapat melakukan perjalanan ke lokasi yang berbeda untuk mengawasi operasi beberapa restoran. Supervisor restoran biasanya bekerja di lingkungan yang serba cepat dan mungkin diminta untuk berdiri dalam waktu yang lama. Mereka juga dapat terkena suhu panas dan dingin, kebisingan, dan asap dari peralatan memasak.

Kesimpulan


Jika kamu seorang majikan yang perlu merekrut orang yang tepat untuk posisi supervisor restoran, contoh deskripsi pekerjaan yang diberikan dalam artikel ini dapat membantu kamu membuat deskripsi yang mendetail dan sempurna tentang peran untuk restoran kamu.

Artikel ini juga berguna bagi individu yang tertarik untuk berkarir di industri restoran atau perhotelan. Mereka akan dapat mempelajari semua yang perlu mereka ketahui tentang pekerjaan seorang supervisor di bisnis restoran.

Contoh uraian tugas di atas dengan jelas menjelaskan tugas dan tanggung jawab seorang supervisor restoran. Apakah menurut kamu artikel ini membantu dalam mempelajari tentang apa yang dilakukan supervisor restoran? Jika iya, bantu bagikan artikel ini ke sosial media kamu ya.