Mengenal Jenis Public Speaking

Mengenal Jenis Public Speaking

MayuhMacah.com - Keterampilan berbicara di depan umum sangat diperlukan terutama untuk mereka seorang enterpreneuship. Keterampilan tersebut lebih dikenal dengan istilah public speaking. Orang dengan kemampuan public sepaking yang bagus dianggap mampu memberi pengaruh kepada khalayak umum.

Bagi kalian yang masih muda ada baiknya belajar berani tampil sebagai public speaking. Ada banyak manfaat yang bisa kamu rasakan dengan kemampuan public speaking yang baik, Berikut beberapa manfaat public speaking :

  • Peningkatan karir. Mereka yang pandai public speaking adalah orang yang berjiwa kepemimpinan, professional, tenang dan itu adalah kualitas yang sangat berharga, dan dapat membantu peningkatan karir dan profesi.
  • Meningkatkan kepercayaan diri. Kalian mungkin tidak sadar, bahwa percaya diri adalah kunci kesuksesan. Jika kalian tak percaya dengan rencana bahkan diri kamu sendiri, besar kemungkinan kamu hanya akan berada di zona nyaman. Maka belajarlah public speaking untuk membangun kepercayaan diri sendiri dan kepercayaan orang terhadap kamu.
  • Menjadi pribadi yang cerdas dan kreatif. Berbicara di depan banyak orang sama saja berdiskusi dengan mereka. Perlu kecerdasan dan kretifitas tinggi agar menarik perhatian audiens. 
  • Meningkatkan keterampilan berkomunikasi. Sebelum memulai public speaking kamu akan menyiapkan materi, melatih pelafalan, memahami audiens dll. Rutinitas itu seiring waktu meningkatkan keterampilan komunikasimu, dimana kamu akan lebih paham bagaimana menyampaikan suara yang mampu membuat audiens mengerti dengan maksud kita.
  • Mendapatkan relasi sosial baru. Ketika kamu dianggap inspiratif berkat acara public speaking kamu, maka bersiaplah ketika nantinya banyak orang yang mendekati kamu baik untuk urusan bisnis maupun sekedar urusan sosial.

Setelah memahami manfaat dari skill public speaking, tentu kamu tergugah untuk belajar lebih dalam lagi mengenai kemampuan berbicara di depan umum.

Tidak cukup sampai situ, kamu perlu mengenal jenis-jenis public speaking. Acara yang berbeda dan audiens yang berbeda mengharuskanmu menggunakan tipe public speaking yang sesuai. Berikut jenis-jenis public speaking.

Jenis Public Speaking Secara Umum


Secara umum public speaking terbagi menjadi 4 jenis sesuai dengan tujuannya, yaitu.

Informative Speaking


Menyampaikan sebuah informasi yang di dasari data dan fakta di depam umum dikenal dengan informative speaking. Tujuan dari jenis public speaking ini adalah memberikan informasi yang menarik kepada audiens.

Materi dalam informative speaking dapat berupa informasi terkini, ilmu pengetahuan, menyampaikan pendapat dan lain sebagainya yang bersifat informatif. Speaker atau pembicara harus menyiapkan materi yang mudah dipahami dan tidak bertele-tele.

Contoh dari informative speaking adalah seminar tentang parenting, seminar tentang membangun sebuah startup atau usaha kecil menegah, presentasi makalah, penyampaian berita dll.

Demonstrative Speaking


Demonstrative speaking adalah jenis public speaking yang menyampaikan informasi namun dibarengi dengan praktik cara melakukan sesuatu. Sama-sama memberikan informasi kepada audiens, tujuan demonstrative speaking adalah agar audiens bisa menerapkan apa yang disampaikan secara langsung.

Contoh dari demonstrative speaking adalah seminar tentang pemadaman kebakaran skala kecil. Dimana speaker selain memberikan informasi yang menyangkut dengan tata cara pemadaman kebakaran juga memberikan praktik secara langsung.

Contoh lain dari demonstrative speaking adalah seminar tentang kelas baking online, seminar tentang design visual, dan pelatihan lain baik online maupun offline.

Ceremonial Speaking


Ceremonial speaking adalah jenis public speaking yang berlangsung pada acara-acara resmi dan formal. Jenis public speaking ini selain megharuskan speaker menggunakan bahasa yang mudah dipahami juga harus menggunakan bahasa formal.

Ceremonial speaking seringkali kalian temukan dalam acara peresmian, peringatan hari besar, pidato pada pernikahan dan acara lainnya yang bersifat resmi.

Persuasif Speaking


Persuasif speaking merupakan jenis public speaking yang tujuan utamanya adalah mempengaruhi pendapat dan pemikiran audiens tentang suatu realita ataupun produk agar sesuai dengan maksud speaker.

Kita sering melihat persuasif speaking dalam sebuah acar demo, penyampaian aspirasi, acara promosi produk, kampanye pencalonan dan masih banyak lagi.

Tips bagi kalian yang ingin terampil dalam persuasif speaking adalah pertama bangun kepercayaan diri, bangun relasi yang luas, pahami audiens, sampaikan materi yang memberikan rasa empati dan simpati kepada audiens.

Jenis Public Speaking Secara Khusus


Setelah kita membahas jenis-jenis public speaking secara umum, sekarang mari kita jabarkan lagi macam-macam public speaking sesuai acara yang ada. Jenis public speaking secara rinci antara lain.

Pidato


Apa itu Pidato? pidato merupakan bagian dari informative public speaking. Umumnya Pidato disampaikan dalam sebuah acara yang resmi dan formal, informasi yang diberikan juga berkaitan dengan acara tersebut. Contoh; pidato pada acara peringatan HUT Kemerdekaan Negara.

Ceramah


Ceramah juga termasuk jenis informative speaking, hanya saja ceramah lebih mengarah kepada sesuatu yang berhubungan dengan agama atau kehidupan. Kamu tentu sering mendengarkan ceramah dalam acara-acara peringatan keagamaan.

Presentasi


Presentasi adalah kegiatan menyampaikan sebuah materi atau data dan fakta kepada audiens. Orang yang menyampaikan materi presentasi disebut dengan presentator atau narasumber.

Mengajar


Mengajar merupakan kegiatan menyampaikan ilmu, pengetahuan dan informasi kepada murid ataupun audiens lain. Kegiatan mengajar bisa termasuk informative speaking ataupun demonstrative speaking.

Memberikan Briefing


Briefing adalah kegiatan memberikan pengarahan kepada bawahan atau kelompok tentang rincian dan pelaksanaan kegiatan yang akan di kerjakan. Bagi kalian yang sudah bekerja tentu sudah tidak asing lagi dengan istilah briefing. Kegiatan briefing termasuk ke dalam demonstrative speaking.

MC / Pembawa Acara / Host


Membawakan sebuah acara dengan menyampaikan urutan acara yang akan berlangsung adalah tugas seorang master of ceremonies. Skill membawakan sebuah acara juga termasuk kemampuan public speaking.

Tour Guide


Tour guide merupakan kegiatan memimpin jalannya perjalanan, baik perjalanan wisata maupun perjalanan pendidikan (study tour). Orang yang memandu acara tersebut dikenal dengan tour guide, seorang tour guide harus mampu memberikan wawasan tentang perjalanan wisata ataupun study tour kepada peserta.

Memimpin Rapat


Memimpin jalannya rapat merupakan bagian dari public speaking. Mereka yang mampu memimpin jalannya rapat adalah orang yang berjiwa pemimpin, bersikap kritis, dan mampu memberikan sebuah keputusan yang tepat.

Motivator


Jika public speaking adalah kegiatan yang dapat menginspirasi audiens, maka motivator adalah public speaking yang sesungguhnya. Motivator sendiri termasuk kedalam informative speaking dan persuasife speaking. Karena materi yang disampaikan adalah sebuah kisah dan informasi yang mampu mengajak audiens untuk berubah.

Trainer


Trainer adalah orang yang mampu memberikan pelatihan dan arahan kepada peserta. Macam-macam training antara lain; training olahraga, training skill, training teknologi, pelatihan SDM dan pelatihan lain. Kemampuan trainer dalam menyampaikan materi termasuk kedalam jenis demonstrative speaking.

Sekian artikel tentang mengenal jenis public speaking kali ini. Semoga bisa memberi inspirasi bagi kalian yang sedang belajar menjadi public speaker yang handal. Tetaplah percara diri dengan kemampuan kalian dalam menyampaikan materi, karena itu adalah kunci sukses seorang public speaking.