7 Tips Menghadapi Frustrasi Secara Efektif - MayuhMacah.com - Tingkatkan Pengetahuan dengan Membaca

7 Tips Menghadapi Frustrasi Secara Efektif

Tips Menghadapi Frustrasi Secara Efektif

MayuhMacah.com - Begitu banyak orang saat ini kehilangan jejak dari diri mereka sendiri dan segala sesuatu yang mereka kerjakan karena satu hal, yaitu Frustasi. Awal nya tampak biasa saja, tapi lama-lama frustasi ini akan berpotensi merusak mental kamu dengan sangat cepat.

Frustrasi akan mempengaruhi cara kita berpikir dan hal-hal yang kita fokuskan, dan bagi orang yang sedang frustasi akan mengabaikan hal yang penting, atau terlalu memikirkan hal-hal sepele dan menyerah atau membuat keputusan yang sangat buruk.

Apa yang menyebabkan penumpukan respon psikologis yang menghasilkan emosi seperti kecemasan , putus asa, tertekan dan bahkan Frustasi? Menurut literatur dalam medis untuk asal mula banyak penumpukan emosi, yang sering kali membuat kita jadi frustasi adalah stres.

Sebuah artikel di Harvard Business Review membahas konsep ketahanan dan bagaimana stres dan frustrasi sehari-hari dapat ditangani secara lebih efektif dengan mereset ulang persepsi. Singkatnya, ubah cara kamu memandang frustrasi dan stres.

#7 Tips Menghadapi Frustrasi Secara Efektif


Disini admin mempunyai beberapa tips hebat untuk menghadapi frustasi:

1. Tetap pada Fokus Utama.


Frustrasi adalah musuh utama fokus. Ketika kamu sedang mengalami frustrasi di satu titik kehidupan kamu, semua hal lain tiba-tiba mulai diabaikan karena kamu terpaku hal tersebut untuk “memperbaikinya” yang nantinya membuat kamu frustrasi di atas segalanya.

Maksudnya, kamu frustrasi karena tidak dapat melakukan sesuatu dengan benar, atau sesuatu tidak berjalan seperti yang kamu inginkan dan kamu tidak tahu harus berbuat apa. Sejak saat itu, satu-satunya hal yang akan kamu pikirkan adalah bagaimana menghilangkan rasa frustrasi ini.

Jadi, Tetap pada fokus utama kamu. Jangan biarkan rasa frustrasi menguasai diri dan menjauhkan dari hal-hal yang lebih penting dalam tujuan utama kamu. Jika tidak, fokus lain dalam hidup kamu akan mulai tertinggal.

“Untuk mengatasi frustrasi, seseorang harus tetap fokus pada hasil, bukan pada rintangannya." - TF Hodge

2. Ingatlah Bahwa Frustasi Mempengaruhi Keputusan dan Penilaian.


Ingatlah bahwa ketika menghadapi rasa frustrasi, kamu mulai memikirkan sesuatu secara berlebihan dan perlahan-lahan sehingga kamu akan berpikir delusi, yang jauh dari situasi yang sebenarnya. Karena itu, akan berdampak buruk pada keputusan dan penilaian yang kamu buat.

Itulah mengapa sangat penting untuk tenang dan memikirkan banyak hal lebih dari biasanya sebelum membuat keputusan apa pun. Intinya, Sedikit frustrasi dapat merusak reputasi.

3. Tidak Ada Yang Perlu Dikhawatirkan.


Kebanyakan orang-orang menjadi frustrasi karena hal-hal kecil. Tapi rasa frustrasi itu membuat dan mengubahnya menjadi masalah besar yang patut dikhawatirkan, padahal sebenarnya itu adalah masalah kecil yang hanya menjadi bola salju karena terlalu banyak dipikirkan.

Oleh karena itu, dalam sebagian besar situasi ketika menghadapi frustrasi, kamu harus berhenti memikirkan hal-hal itu untuk beberapa waktu dan membiarkan rasa frustrasi mereda sebelum kamu kembali memikirkannya. Segala perasaan negatif disini harus kamu hindari.

Ini bukan hal yang mudah untuk dilakukan, tetapi jika kamu secara naluriah tahu bahwa apa yang membuat kamu frustrasi saat ini sebenarnya tidak perlu dikhawatirkan, maka biarkan saja untuk saat ini.

4. Lakukan Sesuatu yang Menyenangkan.


Alih-alih menyalahkan diri sendiri secara mental yang hanya membuat frustrasi, coba lakukan sesuatu yang menyenangkan. Misal membaca buku, nonton sketsa komedi, pergi untuk minum kopi dengan teman-teman, atau hal menyenangkan lainnya.

"Rasa humor adalah penawar dari Tuhan untuk kemarahan dan frustrasi." - Rick Warren

5. Ingatkan Diri Kamu Bahwa ini Akan Berlalu.


Frustrasi seharusnya tidak menjadi pengalaman yang berkelanjutan. Bayangkan diri kamu dalam keadaan yang lebih bahagia dan ingatlah bahwa hal-hal yang membuat kamu frustrasi di masa lalu umumnya tidak berlangsung lama.

Biasanya orang-orang bukan hanya satu kali mengalami frustasi, jadi berpikirlah bahwa hal ini akan cepat berlalu.

6. Cari Tahu Sumber Frustrasinya.


Sekarang setelah kamu berpikir lebih jernih, gunakan kesempatan ini untuk fokus pada kemungkinan apa penyebab kamu mengalami frustrasi. Tanpa terjebak dalam efek langsung dari frustrasi, kamu akan lebih mudah untuk mengidentifikasi sumbernya, sehingga kamu dapat tahu cara untuk menghadapinya.

"Ketidakjelasan itulah yang menciptakan kekacauan dan frustrasi. Emosi itu meracuni tujuan hidup apa pun." - Steve Maraboli

7. Lakukan Kegiatan untuk Mengatasi Frustasi.


Ada beberapa kegiatan yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi Frustasi:

  • Lakukan beberapa latihan pernapasan: ketika memiliki respon emosional yang kuat, kamu mungkin merasakan napas kamu semakin cepat dan dangkal. Dengan mengatur pernapasan, kamu bisa mendapatkan lebih banyak oksigen ke otak dan membantu diri kamu lebih tenang.
  • Relaksasi otot: salah satu cara tubuh kita merespon emosi yang meningkat adalah dengan relaksasi otot. Menghilangkan ketegangan fisik akan membantu pikiran kamu rileks juga.
  • Meditasi: Meditasi bisa menjadi cara yang bagus untuk terhubung dengan perasaan kamu, dan juga dapat membantu kamu menciptakan ruang antara pikiran dan emosi.
  • Latihan: Aktivitas fisik adalah pendorong suasana hati, membantu kamu mengatur stres dan adrenalin, dan merupakan cara yang sehat untuk melepaskan energi yang terpendam.
  • Keluar rumah: Luangkan waktu di halaman belakang rumah kamu, berjalan-jalan di sekitar blok, atau pergi ke taman favorit kamu. Karena udara segar dapat membantu mengkalibrasi ulang pikiran.
  • Jadilah kreatif: Seni adalah tempat untuk mengekspresikan emosional. Membuat kerajinan, menggambar, melukis, menulis puisi, dan seni lainnya adalah cara yang sehat untuk menyalurkan kemarahan kamu menjadi sesuatu yang menyenangkan.
  • Nyalakan musik: Musik memiliki efek yang kuat pada otak kita. Putar musik santai atau bahagia untuk mengubah frustrasi kamu menjadi emosi yang lebih menyenangkan.

Jadi itulah beberapa tips menghadapi frustasi yang efektif. Lepaskan perasaan negatif dalam diri sekarang dan jangan lupa selalu bersyukur.