Apa Itu Feature? (Pengertian, Karakteristik, Struktur, Macam-Macam, dan Contoh Feature) - MayuhMacah.com - Tingkatkan Pengetahuan dengan Membaca

Apa Itu Feature? (Pengertian, Karakteristik, Struktur, Macam-Macam, dan Contoh Feature)

Apa Itu Feature? (Pengertian, Karakteristik, Struktur, Macam-Macam, dan Contoh Feature)

MayuhMacah.com - Dalam dunia jurnalistik setidaknya ada 3 macam jenis berita yaitu; News (berita utama), Editorial (berita opini dari instansi jurnalistik), dan Feature (berita yang dikemas dalam bentuk story telling).

Ketiga jenis berita tersebut pasti muncul dalam acara berita di televisi ataupun di surat kabar dan majalah. Feature biasanya menyajikan informasi yang menarik untuk disimak meskipun berita yang disampaikan sudah tidak aktual.

Berita jenis feature biasanya ditaruh ditengah acara, atau dalam koran di taruh dihalaman tengah, tujuannya sebagai penghibur bagi pembaca agar tetap menyaksikan tayangan berita atau melanjutkan membaca koran hingga akhir.

Kalau kamu suka membaca koran, pasti ada beberapa bagian dalam koran yang bukan menjadi berita utama, seperti ; Kolom, Tajuk Rencana, Opini, Karikatur dan Feature.

Feature tersebut ada sebagai penunjang daripada isi media berita yang menyajikan sebuah fakta secara terperinci dan terkesan hidup. Feature memiliki kedudukan tersendiri dalam dunia berita, meski bukan sebagai berita utama.

Namun media berita yang professional pasti memberikan tempat untuk karangan khas ini. Karena melalui karangan feature inilah pembaca bisa mendapatkan sebuah berita atau informasi secara menarik dan terhibur.

Asal Muasal Karangan Feature Dalam Media Berita


Keberadaan karangan feature dalam jurnalistik berangkat dari seorang novelis asal amerika, Thomas Wolfe. Kala itu thomas wolfe yang bekerja di New York Herald Tribune (1962) ingin menulis sebuah berita namun dengan gaya fiksi layaknya saat menulis cerpen atau novel.

Pikiran tersebut muncul karena gaya menulisnya yang tidak sesuai dengan gaya penulisan jurnalistik saat itu. Sehingga membuatnya merasa kesulitan untuk menulis sebuah liputan fakta. Jadi jangan heran, jika karangan feature selalu mengusung nilai-nilai fiksi dalam gaya penulisannya.

Berdasarkan cerita itulah, Williamson mengatakan bahwa dalam menulis feature, sebuah peristiwa yang mempunyai nilai berita harus ditulis ulang dengan sudut pandang yang subjektif namun tidak terlepas dari akurasi dan verifikasi fakta sesuai standar jurnalistik.

Pengertian Feature Menurut Para Ahli


Ada banyak pakar jurnalistik yang memberikan pengertian mengenai feature. Meski secara umum, kita sudah mengetahui kalau feature adalah sebuah karangan khas pada media berita yang berisikan fakta menarik dan terperinci.

Menurut Rivers dalam bukunya yang berjudul The Mass Media: Reporting, Writing, Editing (1967), mengatakan bahwa feature adalah sebuah kisah atas sebuah fakta. Seseorang menuliskan fakta tersebut dengan apa adanya dan termuat di dalam koran, namun tidak sebagai berita utama.

Sejalan dengan itu, Wolseley dan Campbell menganggap feature adalah bagian dari media berita yang memiliki fungsi sebagai hiburan (entertaiment). Dia pun mengibaratkan feature sebagai sebuah asinan kalau dalam masakan, meski tidak mengandung kalori dan karbohidrat namun bisa menjadi penyedap yang menimbulkan selera makan.

Dalam KBBI pun sudah ada penjelasannya, yaitu; feature adalah karangan yang melukiskan suatu pernyataan dengan lebih terinci, sehingga apa yang dilaporkan hidup dan tergambar dalam imajinasi pembaca (Balai Pustaka, 1990:350).

Fungsi Feature Dalam Media Berita


Secara umum feature memiliki fungsi sebagai berita hiburan untuk pembaca. Berikut beberapa fungsi feature dalam sebuah media massa :

  1. Untuk melengkapi sajian dalam berita langsung (straight News)
  2. Menyampaikan informasi tentang suatu keadaan, situasi, dan peristiwa yang terjadi.
  3. Sebagai hiburan dan sarana refreshing untuk mengembangkan imajinasi pembaca.
  4. Memberikan nilai dan makna terhadap sebuah peristiwa atau keadaan.
  5. Sebagai media yang efektif untuk mempengaruhi pandangan khalayak.

Dalam sisi lain, posisi feature memiliki fungsi yang setara dengan tajuk opini, kolom, dan opini, hanya saja memiliki karakteristik yang berbeda.

Karakteristik Feature


Tidak boleh asal-asalan dalam menulis sebuah feature, penulis harus cermat dalam memandang dan memaknai sebuah peristiwa. Penulis harus bisa menonjolkan sisi yang menarik yang jarang terekspose dalam berita lain.

Berikut karakteristik atau ciri khas feature:

Subjektif


Karena feature bukanlah berita utama, maka penulisan feature haruslah subjektif agar bisa mempengaruhi pendapat pembaca. Akan sangat bagus jika penulisan feature menggunakan sudut pandang pertama (aku / saya) dengan begitu emosi yang ada pada penulis dapat tersalurkan kepada pembaca.

Human Interest


Penulis harus mampu memberikan penekanan pada fakta-fakta yang sekiranya mampu mempengaruhi emosi pembaca, menghibur, membawa pembaca kedalam rasa empati dan haru terhadap fakta dalam tulisan feature.

Berjiwa Seni


Seperti yang kita tahu tadi, bahwa feature terangkat dari seorang sastrawan yang ingin menyampaikan berita dalam bentuk yang berbeda. Maka gaya menulis feature tidak terlepas dari gaya menulis fiksi serta tetap berpedoman pada informatif dan faktual.

Menghibur


Sesuai dengan fungsinya sebagai entertaiment, maka isi feature haruslah menghibur pembaca. Penulis sah-sah saja memasukkan unsur komedi supaya mendapatkan lebih banyak emosi. Dengan menuliskan sebuah peristiwa secara mendalam, mengangkat makna yang menyentuh emosi tentu akan sangat menghibur pembaca.

Informatif


Namun jangan lupa, feature tetaplah bagian dari berita dan salah satu jenis penulisan berita. Maka penulis feature harus mengangkat fakta-fakta yang informatif. Tak peduli seringan apa berita yang ada pada karangan feature, fakta tersebut harus berguna bagi pembaca.

Macam-Macam Feature


Dulunya hanya ada dua macam feature, yaitu; feature berita yang dominan menyampaikan fakta, dan feature artikel yang menonjolkan opini si penulis. Seiring berkembangnya jurnalistik, fetaure kini terbagi menjadi beberapa macam antara lain :

  1. Feature Berita. Yaitu sebuah karangan feature yang isinya lebih fokus menyampaikan fakta yang ada. Menyampaikan berita dengan singkat dan didasari dengan latar belakang masalah agar pembaca mengerti duduk perkaranya.
  2. Feature Artikel. Karangan feature yang berisi pendapat, gagasan, dan informasi ilmu pengetahuan yang ditulis secara menarik, jelas, dan mudah dipahami pembaca.
  3. Feature Human Interest. Sebuah feature yang menceritakan kehidupan seseorang dan mengandung unsur berita. Feature human interest biasanya mengisahkan peristiwa yang menyentuh hati dan menimbulkan emosi tertentu.
  4. Feature Biografi. Jenis fitur ini memberikan informasi tentang orang yang berpengaruh, seperti tokoh agama, tokoh nasional, orang-orang beprestasi, dll.
  5. Feature Profile. Hampir sama dengan feature biografi, hanya saja jenis feature profil khusus mengangkat sebuah lembaga, organisasi, perusahan, atau non-person lainnya.
  6. Feature Penjelasan. Umumnya mengangkat latar belakang dari sebuah peristiwa yang ada di berita utama. Latar belakang masalah tersebut dijadikan kisah yang menyentuh emosi pembaca.
  7. Feature Tips. Berisikan informasi mengenai tips-tips melakukan sesuatu, mengatasi masalah, cara menggunakan perangkat, tips memasak, tips bekebun, tips seputar rumah, dan tips-tips lainnya yang mengandung unsur berita atau informasi bermanfaat.
  8. Feature Lifestyle. Gaya hidup sesorang terkadang sangat menarik untuk diberitakan, maka berita tersebut masuk kedalam feature lifestyle. Tak hanya personal, gaya hidup dari sebuah komunitas juga menarik untuk disampaikan.
  9. Feature Informasi dan Teknologi. Di era teknologi ini, banyak sekali karangan feature yang membahas mengenai berita informasi dan teknologi. Seperti ulasan teknologi terupdate, informasi mendalam tentang sebuah produk teknologi dll.
  10. Feature Promosi. Feature ini bukanlah mempromosikan sebuah produk, melainkan mengangkat ide-ide kreatif, ide terbaru yang ada pada sebuah produk yang sedang naik daun.

Contoh Mudah Feature


Berikut adalah contoh feature berdasarkan jenisnya yang saya ambil dari kolom feature liputan6.

  • Contoh Feature Berita : Aksi Komunitas Vibes di Solo, Rutin Membagikan Nasi Hingga Bantu Korban Kecelakaan
  • Contoh Feature Artikel : Marko Simic, Mesin Gol yang setia Bersama Persija
  • Contoh Feature Human Interest : Cerita Dibalik SD Muhammadiyah di Jogja yang Jadi Angkringan, Bangkit di Tengah Pandemi
  • Contoh Feature Biografi : Mengenal Dunia Tisa Julianti, Voice Over Talent Kuasai 8 Karakter Suara
  • Contoh Feature Lifestyle : 9 Fotografer Ini Ungkap Foto Pernikahan Paling Berkesan
  • Contoh Feature Promosi : Mengintip Bisnis Menggiurkan "pabrik bayi" di India

Sampai disini penjelesan mengenai pengertian feature, karakteristik, struktur, macam macam serta contoh feature, semoga bermanfaat.