Cara Mematikan, Membersihkan dan Mengolah Ikan Lele - MayuhMacah.com - Tingkatkan Pengetahuan dengan Membaca

Cara Mematikan, Membersihkan dan Mengolah Ikan Lele

Cara Mematikan, Membersihkan dan Mengolah Ikan Lele

MayuhMacah.com - Lele adalah ikan air tawar dan di kepalanya terdapat kumis, ikan lele merupakan salah satu ikan yang unik dan juga tidak bisa dipungkiri enak untuk disantap. Jadi, artikel kali ini akan membahas cara mematikan, membersihkan dan mengolah ikan lele dengan cara yang paling manusiawi.

Perlu di ingat, sirip di atas (sirip punggung) dan dua di setiap sisi kepala (sirip dada) memiliki tulang belakang yang sangat kaku, runcing dan tajam yang mengandung racun. Jika tulang belakang itu menembus kulit, racunnya bisa masuk ke kulit yang menyebabkan rasa sakit dan bengkak.

Jadi harus hati-hati, bahkan ikan lele yang sudah mati, itu masih bisa menusuk kulit kamu dan itu sangat menyakitkan. Biasanya ikan lele yang lebih kecil memiliki duri yang lebih tajam.

Cara Mematikan Ikan Lele


Berikut adalah 5 cara berbeda untuk membunuh ikan lele:

  1. Dengan menggunakan golok, palu dll, pukul lele dengan sangat keras di tengah kepala untuk mematahkan tengkorak dalam satu kali pukulan. Bidik area tepat di atas mata agar berdampak pada otak.
  2. Potong ujung ekor lele dan lele akan mati karena kehabisan darah.
  3. Tempatkan ikan lele dalam wadah berisi es atau kulkas, suhu dingin akan membuatnya tertidur kemudian mati membeku. Tapi proses ini bisa memakan waktu sekitar 3-4 jam, tidak disarankan untuk yang terburu-buru.
  4. Masukkan ikan lele ke dalam baskom besar dan tuangkan banyak garam di atasnya. Ikan akan menggeliat dan menggeliat sampai mati. Cara ini yang biasa admin gunakan.
  5. Metode lain termasuk mematahkan sumsum tulang belakang dan menusuk otak dengan paku tajam. Berbeda dengan yang no.1, yang ini harus menancapkan paku atau pisau ke otak ikan lele.

Cara Membersihkan Isi Perut Ikan Lele


Sekarang ikan lele sudah mati, langkah selanjutnya yaitu membuang isi dalam perutnya:

  1. Buat sayatan melalui kulit dari leher (di bawah pelat insang) hingga lubang kecil di perut ke arah ekor. Jangan memasukkan pisau terlalu dalam.
  2. Tarik keluar bagian dalam (isi perut), potong isi perut lele di kedua ujungnya, berhati-hatilah agar tidak menusuk organ apa pun, terutama kantong empedu. Kantung empedu adalah kantung kecil yang berisi cairan empedu berwarna hijau atau kuning yang sangat pahit dan jika pecah akan meresap ke dalam daging ikan lele sehingga terasa pahit.
  3. Bilas rongga perut sudah kosong bersihkan secara menyeluruh dan siap untuk dimasak.

Cara Menghilangkan Lendir dan Bau Amis Ikan Lele


Ada berbagai cara untuk menghilangkan lendir dan bau amis ikan lele, berikut beberapa caranya:

Menggunakan Air panas


  1. Cuci bersih ikan lele lalu tempatkan dalam mangkuk besar dan sisihkan.
  2. Panaskan air yang cukup, Saat air sudah sangat panas, tuangkan di atas ikan lele sampai air menutupi ikan lele. Jika air terlalu panas atau jika ikan dibiarkan terlalu lama di air panas, kulit ikan bisa rusak.
  3. Biarkan selama 1-2 menit, lendir akan mengental dan berubah warna menjadi keputihan.
  4. Tiriskan dan tuangkan lagi air dingin ke atasnya untuk membersihkan sisa air panas.
  5. Cuci lagi ikan lele untuk menghilangkan sisa lendir yang mengental dengan air dingin.
  6. Biasanya lendir dan amis ikan lele sudah hilang, jika baunya terlalu amis, tambahkan sedikit cuka ke dalam air panas.

Menggunakan Garam


  1. Gosokkan garam secukupnya ke seluruh kulit ikan lele.
  2. Bilas dengan air dingin. Ulangi beberapa kali sampai semua lendir hilang.
  3. Jika baunya terlalu amis, tambahkan sedikit cuka dan garam ke dalam air hangat dan bilas ikan di dalamnya.

Menggunakan Tawas


  1. Dalam baskom, tuangkan air secukupnya hingga menutupi ikan.
  2. Teteskan sedikit tawas ke dalam air dan aduk hingga larut.
  3. Tempatkan ikan lele kamu di dalam air dan biarkan selama 2 menit, jangan lama merendam karena akan mempengaruhi rasa ikan.
  4. Tawas akan membekukan lendir, tiriskan dan bilas lagi dengan air dingin sampai bersih.

Menggunakan Abu


  1. Ayak abu yang didapat dari kayu bakar untuk memisahkan potongan besar arang dan batu yang dapat memotong kulit ikan lele.
  2. Lanjutkan untuk menggosok abu seluruh kulit lele kemudian bilas dengan air dingin yang bersih.

Menggunakan Lemon atau Jeruk Nipis


  1. Potong lemon atau jeruk nipis.
  2. Setelah mencuci ikan lele, gosokkan lemon atau jeruk nipis ke seluruh kulit ikan.
  3. Bilas dengan baik dalam air dingin. Ulangi sampai ikan benar-benar bersih. Cara ini cocok jika ikan mau di bakar atau pun di goreng.

Menggunakan Cuka


  1. Dalam baskom, campur cuka dan air dengan perbandingan 1:2 atau bahkan 1:3. Yaitu 1 gelas cuka dengan 3 gelas air.
  2. Tuangkan ke seluruh lele atau celupkan ikan dan gulingkan ke dalam campuran cuka, kamu juga bisa mencampurkannya ke dalam botol semprot dan menyemprotkan campuran ini ke ikan.
  3. Diamkan selama beberapa menit, kamu akan melihat lendir putih kental yang terlihat seperti susu mengental di seluruh tubuh ikan.
  4. Lanjutkan untuk mengikisnya dan bilas dengan air dingin. Jangan meninggalkan cuka terlalu lama pada ikan.

Cara Mengolah Ikan Lele


Ada berbagai cara memasak ikan lele, seperti ikan lele goreng, lele bakar, lele panggang.

Ikan Lele Goreng


Salah satu cara termudah untuk memasak ikan lele adalah dengan menggorengnya. Bahan-bahan yang kamu perlukan adalah garam, lada hitam, paprika, tepung terigu, tepung jagung, mentega tawar, dan lemon. Campur semua bahan jadi satu kecuali mentega tawar, dan irisan lemon.

Lapisi daging lele dengan campuran tepung terigu dan tepung jagung. Lelehkan mentega tawar di penggorengan lalu lanjutkan menggoreng daging lele. Setelah selesai, tambahkan lemon sebagai hiasan pada ikan lele goreng kamu. Yang suka pedas bisa menambahkan cabe atau sambal.

Ikan Lele Bakar


Untuk membakarikan lele, bumbui potongan daging lele dengan campuran bumbu lada, lemon, dan mentega cair. Pastikan untuk melapisi setiap sisi daging dengan campuran ini. Semprotkan minyak sayur ke panggangan untuk mencegah potongan daging lele menempel.

Ikan Lele Panggang


Salah satu cara memasak ikan lele yang lebih sehat dan mudah adalah dengan memanggangnya. Untuk ini, kamu membutuhkan mentega, lemon, bawang putih cincang, daun ketumbar cincang, garam, merica, paprika dan mulailah dengan memanaskan oven. Bumbui daging lele dengan garam dan merica.

Lelehkan mentega dan campur dengan bawang putih cincang, perasan lemon, dan daun ketumbar cincang. Tempatkan campuran ini ke dalam panci kecil dan biarkan mendidih selama beberapa menit. Tuangkan campuran ke daging lele yang sudah dibumbui diikuti dengan sedikit paprika di atasnya.