Cara untuk Bersikap Bodo Amat - MayuhMacah.com - Tingkatkan Pengetahuan dengan Membaca

Cara untuk Bersikap Bodo Amat

Cara untuk Bersikap Bodo Amat

MayuhMacah.com - Sudah sewajarnya kita merasa peduli karena itu adalah kodrat kita sebagai makhluk sosial. Namun terkadang kita terlalu berlebihan dalam menunjukkan rasa peduli, bahkan hal sepele yang seharusnya kita abaikan malah terus-terusan kita pikirkan.

Keadaan seperti itu tentu membuat kamu tidak nyaman dan tidak bisa fokus menyelesaikan aktivitas yang lebih penting. Sikap bodo amat menjadi pilihan terbaik untuk kamu mengabaikan hal-hal negatif, mengabaikan ucapan mereka, tak peduli dengan ocehan ocehan kosong yang tidak membangun.

Atau bahkan ketika kamu KEPO dengan urusan orang lain, merasa ingin terlibat dengan masalah orang lain. Atau pernahkah kamu tak bisa tidur karena memikirkan apa yang terjadi sehari ini. Semakin kamu fokus dengan cara hidupmu maka kamu akan semakin produktif.

Untuk itu kamu perlu yang namanya belajar menjadi "bodo amat" dengan apa yang orang lain pikirkan tentangmu. Selagi itu memang benar menurutmu, benar menurut norma sosial, mengapa harus takut, ingat pesan NIKE "Just Do It".

Open Minded


"yaelah sok sokan open minded kek orang eropa aja lu" mungkin seperti itulah tanggapan orang lain ketika kamu bercerita tentang open minded.

Open minded merupakan bentuk keterbukaan dalam berfikir, yang berarti kamu harus terbuka dengan pendapat orang lain. Kamu harus mengerti kalau tak semua harus sejalan dengan cara hidupmu, kalau semua cara hidupmu harus bisa diterima orang lain. Kamu yang harus bisa terbuka.

Ketika beberapa temanmu menganggap kalau apa yang kamu usahakan hanya sia-sia saja, maka cara bersikap bodo amat yang tepat adalah dengan membuka fikiranmu. Bahwa setiap orang berhak berkomentar sesuka hatinya, dan kamu harus bisa menerima itu.

Jangan pikirkan kata mereka, cukup terima saja, dan lanjutkan apa yang kamu yakini, yakinlah usaha tak akan menghianati hasil. Menjadi pribadi yang open minded bisa memberikanmu beberapa manfaat seperti :

  • Mendapatkan wawasan baru. Semakin kamu bisa menerima pendapat orang lain maka semakin banyak wawasan yang kamu dapat. 
  • Punya Pengalaman Baru. Terbuka dengan ide-ide baru akan memberikan pengalaman baru dalam hidup.
  • Menjadi Pribadi yang Berkarakter. Menerima banyak pendapat yang berbeda bukan berarti kamu tak punya ideologi, Justru kamu akan tahu karakter kamu yang sebenarnya.
  • Membangun Mental yang Kuat.

Fokus Dengan Apa yang Kamu Kerjakan


Alasan mengapa mereka menghujatmu adalah supaya kamu tidak fokus dengan usahamu, dan kamu benar benar gagal mewujudkannya karena kamu tidak fokus.

Jadi just do it dan keep going, jangan tanggapi omongan mereka dengan ocehanmu, tapi tanggapi omongan mereka dengan hasil yang kamu capai. Mereka yang mencercamu adalah mereka yang tidak peduli denganmu, kalau mereka peduli pasti memberi kritikan dan masukkan yang membangun.

Bagaimana cara menanggapi orang yang tak peduli dengan kita, ya dengan sama-sama tidak peduli. Pada serial video satupersen menyebutkan bahwa alasan mengapa kita tak bisa mencapai tujuan adalah karena kita tidak bisa fokus kedalam satu pekerjaan.

Sibukkan Diri Kamu


Salah satu cara yang efektif untuk melupakan sesuatu adalah dengan menyibukkan diri. Kadang saat kita melamun, menganggur dan sedang duduk santai kita teringat hal-hal yang menyakitkan, mengingat sesuatu yang membuat kamu terus memikirkan itu.

Maka agar bisa cuek dengan urusan tersebut cobalah untuk menyibukkan diri. Kamu bisa mengisi waktu luangmu dengan kegiatan yang produktif, seperti; menulis cerpen, membuat DIY, menanam bunga dll.

Atau kalau kamu suka travelling dan staycation akan membantumu menjadi lebih cuek terhadap pikiran-pikiran yang tak penting. Kalau aku sendiri, saya lebih suka mendaki gunung untuk menghibur hati dan menenangkan pikiran.

Menjauh dari Circle Pertemanan


Kadang saat circle pertemanan kamu mulai tidak asik, mulai menyudutkan kamu, bahkan selalu mengkritik apa yang kamu kerjakan, sudah saatnya kamu menjauh dari circle pertemanan itu.

Kalau kamu orang yang aktif bersosial tentu memiliki banyak circle pertemanan, bergaullah dengan mereka yang benar-benar mengerti dengan apa yang kamu lakukan. Namun jika hanya itu circle pertemanan yang kamu punya, kamu bisa puasa sejenak dengan mereka.

Kamu bisa mensibukkan diri dengan hobi dan pekerjaan atau mensibukkan diri dengan travelling. Atau jika kamu sedang BUCIN, menjauh dari circle pertemanan dan mendekatkan diri dengan DOI bagus juga, siapa tahu dapat.

Bodo Amat Dalam Percintaan


Lho masalah cinta kok bodo amat? bisa membahayakan hubungan lho! Iya memang bener sih. Namun, sikap bodo amat dalam hal ini adalah let her go.

Ketika kamu diputusin sama pacar, tak dikasih harapan, daripada lama-lama tak ada kepastian ya mending let her go. Ikhlaskan dan biarkan dia pergi, barangkali memang dia bukanlah jodohmu.

Atau ketika kamu sudah berjuang semaksimal mungkin, mengerti apa yang doi mau, memberikan apa yang doi suka, namun dia tetap cuek kepadamu. Daripada sakit hati, mending ikutan cuek juga. Justru dengan sikapmu yang semakin lama semakin cuek doi semakin sadar kalau kamu pernah berjuang untuk mendapatkannya.

Jadilah Orang yang Realistis


Sama seperti open minded, menjadi lebih realistis adalah melihat dunia dengan pikiran yang terbuka. Orang-orang yang realistis adalah mereka yang punya prinsip hidup dan rencana yang matang. Semakin kamu realistis maka semakin bisa kamu menerima kenyataan hidup yang tak selamanya sejalan dengan diri sendiri.

Mengerti bahwa tak semuanya bisa sejalan dengan fikiran kamu, kamu bisa bersikap bodo amat atau cuek dengan hal yang tak sejalan itu. Bagaimana cara menjadi realistis?

  1. Jangan paksakan pendapat pribadi dan orang lain
  2. Biarkan semua berjalan dengan sendirinya
  3. Sebijak mungkin dalam mengambil keputusan
  4. Tetaplah menjadi insan yang rendah hati
  5. Jangan berlebihan dalam berimajinasi atau mengharapkan sesuatu

Jadilah Orang yang Bisa Menolak


"Penolakan adalah keahlian hidup yang penting dan krusial." - Manson

Tak semuanya harus kita Iya-in, ada perkara atau permintaan yang bisa kamu tolak. Terlalu banyak meng-Iya-in justru membuat kamu merasa terbebani karena merasa ada banyak urusan yang kamu selesaikan.

Sok cuek dan sikap bodo amat adalah counter dari sikap yang selalu Iya Iya saja. Daripada kamu sok-sokan peduli namun akhirnya bingung dan terbengkalai "aduh,,, saya harus gimana lagi ya".

Bodo amat adalah bentuk membatasi diri, bukannya tidak peduli. Dan salah satu sikap dari bentuk membatasi diri adalah dengan tidak mengiyakan segala yang datang kepadamu.

Kamu bisa memilih dan memilah mana yang benar-benar harus kamu perhatikan dan mana yang perlu kamu cuekin saja. Dengan begitu hidupmu jadi lebih terarah terkonsep dan menjadi pribadi yang realistis.

Terkadang menjadi cuek dan bodo amat diperlukan, namun jangan sampai membuat kamu jatuh terlalu dalam karena terlalu cuek dengan sekitar. Over cuek dan over bodo amat dapat menyebabkan kepribadian yang introvet, tak peduli dengan lingkungan luar. Bijak-bijaklah dalam mengungkapkan rasa cuek dan sikap bodo amat.