Arti Mimpi Mendapat Hadiah (Menurut Islam, Primbon, dan Psikolog) - MayuhMacah.com - Tingkatkan Pengetahuan dengan Membaca

Arti Mimpi Mendapat Hadiah (Menurut Islam, Primbon, dan Psikolog)

Arti Mimpi Mendapat Hadiah (Menurut Islam, Primbon, dan Psikolog)

MayuhMacah.com - Pastinya kamu pernah bermimpi mendapatkan hadiah bukan? Mimpi tersebut mengandung banyak arti, tergantung darimana kamu menyikapi mimpi tersebut. Arti mimpi menurut budaya islam, ilmu primbon, dan ilmu psikologi tentunya berbeda makna. 

Islam memandang sebuah mimpi sebagai pesan tentang apa yang akan terjadi di kehidupan entah baik ataupun buruk. Sedangkan buku primbon mengartikan mimpi berdasarkan apa yang biasa terjadi pada masyarakat. Berbeda dengan ilmu psikologi yang menanggapi mimpi sebagai refleksi dari otak kecil kita terhadap kegiatan kita sehari ini sebelum kita tidur.

Selain itu, mimpi mendapat hadiah tersebut dapat bermakna lain tergantung siapa yang memberi hadiah, apakah hadiah yang kamu terima berupa benda mati, hewan, perhiasan, uang, atau berupa wejangan dan nasehat.

Untuk itu, berikut beberapa arti mimpi mendapat hadiah baik menurut Islam, primbon, dan psikologi.

Arti Mimpi Mendapat Hadiah Menurut Islam


Islam membagi mimpi menjadi dua jenis, yaitu:

  1. Al-ru'ya, alru'ya adalah mimpi yang hadirnya berdasarkan kehendak Allah. Mimpi tersebut bisa sebagai jawaban atas doa dan ikhtiar kamu. Atau sebagai penglihatan sekilas tentang apa yang akan terjadi kepadamu.
  2. Hilm, hilm merupakan mimpi yang dipengaruhi oleh bisikan syaiton, atau mimpi yang dipengaruhi oleh otak kecil dan keseharian. Inilah mimpi yang biasa kita sebut dengan bunga tidur.

Dalam Islam sendiri ada beberapa ayat alquran yang menceritakan tentang mimpi seorang Nabi. Seperti mimpi Nabi Yusuf yang melihat sebelas bintang, matahari, dan bulan yang bersujud kepadanya.

Mimpi tersebut bermakna bahwa Nabi Yusuf akan mendapatkan kemenangan. Ternyata benar adanya, ketika pada akhirnya bani Ya'qub bersujud memberi penghormatan kepadanya setelah Nabi Yusuf berhasil mendudukkan ayah dan ibunya di singgasana.

Lalu bagaimana arti mendapatkan hadiah dalam islam? Dalam kitab kutubut turats yang ditulis oleh para ulama secara turun temurun. Mimpi mendapatkan hadiah dapat bermakna dua.

Jika hadiah yang kamu terima berupa uang.

Maka dapat dikatakan bahwa kamu bermimpi mendapatkan uang.

Arti mimpi mendapatkan uang dalam islam dapat berarti sebuah musibah yang akan menimpa kamu. Seperti yang tertulis dalam kitab kutubut turats, musibah yang akan menimpamu dapat berupa mendapatkan musuh atau diadu domba.

Jika hadiah yang kamu terima berupa makanan ataupun minuman.

Maka dapat diartikan kalau kamu akan mendapatkan kebahagiaan atau kabar gembira.

Hal ini seperti cerita Nabi Yusuf tentang mimpi seorang pemuda dalam penjara yang bermimpi memeras anggur. Ternyata mimpi tersebut berarti sebuah kabar gembira karena pemuda tersebut dibebaskan dari penjara oleh tuannya.

Mimpi Mendapat Hadiah Haji atau Umroh.

Jika kamu pernah memimpikan hal itu dalam tidurmu, bersyukurlah bisa jadi itu adalah gambaran dari Allah tentang apa yang akan kamu laksanakan.

Sepertihalnya ketika Nabi Ibrahim bermimpi menyembelih anaknya, mimpi tersebut ternyata merupakan gambaran dari Allah tentang pelaksanaan qurban.

Dalam agama Islam kita tidak dianjurkan menceritakan mimpi yang kita alami kecuali kepada orang alim yang pandai mentakwilkan mimpi.

Arti Mimpi Mendapat Hadiah Menurut Primbon


Dalam buku-buku primbon, arti mimpi mendapatkan hadiah juga sangat beragam. Bisa berarti mimpi tersebut bermakna baik atau bermakna buruk.

Ilmu primbon mengartikan mimpi berdasarkan kebiasaan yang terjadi dari cerita mulut ke mulut. Seperti mimpi gigi tanggal dimana banyak yang mengalami musibah saudara atau kerabat meninggal dunia setelah mengalami mimpi gigi tanggal.

Berikut beberapa tafsir mimpi mendapatkan hadiah menurut primbon:

Mimpi Mendapat Hadiah dari Nenek atau Kakek yang Sudah Meninggal


Jika kamu bermimpi mendapat hadiah oleh nenek atau kakek kamu yang sudah meninggal. Maka hadiah itu merupakan isyarat bahwa kakekmu yang sudah meninggal butuh bantuan doa dari cucunya.

Namun beda cerita, jika mimpimu terjadi baru beberapa hari setelah kepergian kakekmu. Maka hadiah yang kamu terima merupakan pertanda bahwa kamu akan mendapatkan warisan ilmu kebatinan dari kakekmu.

Mimpi Mendapat Hadiah Kendaraan Motor / Mobil


Kendaraan, baik itu sepeda, motor, ataupun mobil merupakan alat transportasi untuk memudahkan kita berpergian. Menurut buku primbon bermimpi mendapatkan motor atau mobil nerupakan pertanda baik.

Mimpi tersebut memiliki arti bahwa kamu akan mendapatkan kemudahan dalam meraih cita-cita. Dalam urusan bisnis dan usaha, maka mimpi tersebut mempunyai arti kalau kamu akan mendapatkan kemudahan dalam membangun bisnis dan usaha.

Mimpi Mendapat Hadiah Pakaian


Pakaian memiliki fungsi untuk menutupi bagian tubuh kita. Akan tetapi mimpi mendapatkan pakaian tidaklah sebagus fungsi pakaian itu.

Dalam primbon jawa, mimpi mendapatkan hadiah berupa pakaian memiliki makna kalau kamu akan terpengaruh oleh lingkungan sekitar. Maka dari itu lebih bijaklah dalam memilih pergaulan, seperti kata pepatah :

"Jika kamu ingin terbang tinggi seperti elang, berhentilah bergaul dengan bebek".

Mimpi Mendapatkan Hadiah Menurut Psikolog


Pandangan psikologi tentang mimpi bertolak belakang dengan buku-buku primbon. Para psikolog mengatakan kalau mimpi tidak ada kaitannya dengan hal-hal mistis. Mimpi terjadi karena refleksi alam bawah sadar, mimpi tersebut bersumber dari otak kecil yang merekam kegiatan sehari-hari.

Dalam pandangan Sigmund Freud, mimpi merupakan manifestasi dari keinginan, pikiran, perasaan yang kita alami. Dalam bukunya dia terang-terangan mengatakan kalau mimpi itu terjadi karena pemenuhan keinginan yang terpendam.

Kamu pasti sering bermimpi buruk setelah menonto film horor bukan?. Nah mimpi tersebut merupakan refleksi dari fikiran dan perasaan yang terjadi saat kamu menonton film horor.

Samahalnya ketika kamu bermimpi sedang dalam dunia fantasi, mimpi tersebut terjadi karena alam bawah sadar kamu yang merekam perasaan senang dan keinginan selama kamu menonton film-film fantasi.

Berikut ini beberapa arti mimpi berdasarkan pandangan psikologi:

Mimpi Mendapatkan hadiah Menurut Psikologi


Jika kamu sering bermimpi mendapatkan hadiah dari seseorang, barangkali kamu sedang berharap mendapatkan atau membeli sesuatu namun belum terpenuhi.

Rasa ingin yang belum terpenuhi tersebut akhirnya terbawa sampai mimpi karena refleksi alam bawah sadar kamu. Semakin kamu memikirkan keinginan kamu yang belum juga terpenuhi, maka semakin sering juga keinginan tersebut terbawa dalam mimpi.

Mimpi Kecelakaan Menurut Psikologi


Tak jarang kita bermimpi buruk, salah satunya mimpi kecelakaan. Apakah semalam kamu mimpi kecelakaan? kalau iya, coba kamu perhatikan cara berkendaramu akhir-akhir ini. apakah kamu sering lembur kerja hingga kamu tidak fokus saat pulang?

Atau apakah kamu sering berkendara sambil membayangkan sesuatu?. Tak sadar kamu sering hampir menabrak karena tidak fokus dalam berkendara, sampai akhirnya kebiasaan tersebut terjadi dalam mimpi tidurmu.

Mimpi Hal-Hal Aneh atau Absurd Menurut Psikologi


Terkadang mimpi yang kamu alami tidak sesuai dengan keseharian kamu. Kamu pasti pernan mimpi hal-hal aneh bin absurd, seperti mimpi menjadi pintu, mimpi menjadi angin, mimpi menjadi burung dll.

Ternyata mimpi mimpi absurd tersebut melambangkan kondisi jiwa kamu yang sedang tidak stabil. Mungkin kamu sedang depresi, sedang banyak fikiran, terlalu banyak harap yang membebanimu sehingga membuat keseharianmu tidak tenang.

Mimpi memang tidak 100% benar, namun baik menurut islam, primbon, dan psikologi mimpi berkaitan dengan kehidupan kita.

Jadi kita harus bisa menyikapi mimpi, agar dengan mimpi tersebut kita bisa belajar untuk lebih baik dalam menjalani kehidupan. Percaya atau tidak dengan apa yang terjadi dalam mimpi, mimpi akan selalu hadir selama kamu tertidur.