11 Kegiatan yang Penting untuk Mahasiswa [Ide Event Kampus] - MayuhMacah.com - Tingkatkan Pengetahuan dengan Membaca

11 Kegiatan yang Penting untuk Mahasiswa [Ide Event Kampus]

Ide Event Kampus, 11 Kegiatan yang Penting untuk Mahasiswa

MayuhMacah.com - Apakah kamu sedang mencari ide acara kampus untuk mahasiswa? Baik kamu bagian dari perencana acara, dosen, pihak fakultas maupun pihak kampus lainnya. Ide event kampus yang sederhana namun efektif ini adalah apa yang kamu butuhkan untuk meningkatkan kehadiran dan keterlibatan mahasiswa.

Setiap perguruan tinggi atau universitas harus membuat mahasiswa aktif untuk berpartisipasi dalam berbagai kegiatan, misalnya di lingkungan kampus maupun di lingkungan masyarakat sekitar.

Ide yang sudah admin rangkum ini di rancang untuk menarik mahasiswa, membantu menghubungkan mereka satu sama lain, memperkenalkan mereka ke dunia bisnis, membentuk organisasi belajar dan yang terpenting meningkatkan pengalaman mereka di berbagai acara.

11 Ide Acara Kampus


1. Menyelenggarakan Tour Lokal untuk Membiasakan Mahasiswa dengan Lingkungan Sekitar Mereka.


Tur pertama untuk memperkenalkan lingkungan sekitar kampus yang bisa dijangkau hanya dengan jalan kaki atau Tur menggunakan motor, mobil dan bis untuk lokasi yang lebih jauh lagi. Soroti mereka seperti perpustakaan, monumen lokal, area rekreasi, tempat atraksi populer dan museum lokal jika ada.

Hal ini dilakukan terutama untuk mahasiswa baru dan mahasiswa dari luar kota, dengan ini mereka akan dapat berbagai anekdot pribadi tentang daerah tersebut selain tips yang kredibel dari mata mahasiswa.

2. Ajak Mahasiswa dalam Wisata Alam.


Mahasiswa yang menikmati alam bebas, botani, atau konservasi akan menghargai wisata hortikultura yang menampilkan biologi unik di kota kampus mereka. Jelajahi taman lokal, temukan peluang climbing maupun hiking, dan tunjukkan flora dan fauna lokal.

Bekerja sama dengan Perhutani untuk mengajari peserta tur tentang spesies yang terancam punah di daerah tersebut atau organisasi konservasi lingkungan lokal yang dapat mereka ajak bekerja sama.

3. Hubungkan Mahasiswa dengan Kegiatan Amal dan Sukarelawan Lokal.


Selenggarakan pameran layanan masyarakat untuk menghubungkan siswa dengan organisasi nirlaba lokal, kelompok aktivis, dan badan amal. Ajarkan mahasiswa tentang pentingnya pelayanan publik, tugas sipil, dan memberdayakan mereka untuk mengambil peran aktif dalam komunitas mereka.

Dorong penggalangan dana dengan acara amal dan dorong mereka juga untuk mengatur layanan kampus mereka sendiri.

4. Undang Pembicara Populer.


Undang para filsuf, aktivis, dosen, penulis, pengusaha, dan pembicara seru lainnya untuk berkunjung ke kampus dan berbagi nasihat hidup. Lakukan Survei dulu untuk terhubung dengan mereka dan temukan siapa yang paling mereka inginkan untuk di undang.

Yang paling penting mempromosikan acara di media sosial khusus kampus. Berikan calon peserta dengan biografi pembicara, pencapaian mereka, dan perspektif unik yang mereka bawa ke meja. Selenggarakan acara ini secara teratur untuk memberi motivasi untuk siswa.

5. Menyelenggarakan Acara Rutin yang Menghubungkan Mahasiswa dengan Alumni.


Undang mantan mahasiswa kembali untuk bertemu dan berbicara dengan siswa saat ini yang masih aktif. Soroti alumni yang unggul dalam bidang studi mereka atau memberikan kontribusi penting di bidang gelar mereka.

Sertakan juga mantan mahasiswa yang menggunakan gelar mereka dengan cara yang unik atau menarik. Bantu mahasiswa saat ini melihat potensi masa depan saat mereka membuat koneksi jaringan yang dapat bermanfaat setelah lulus.

6. Adakan Acara untuk Memulai Program Bimbingan.


Bagi banyak mahasiswa, kuliah bisa menjadi waktu yang menantang secara emosional. Banyak siswa berada jauh dari rumah untuk pertama kalinya dan mungkin memerlukan adaptasi untuk terhubung dengan orang lain yang baru mereka kenal.

Buat program bimbingan yang menghubungkan mahasiswa dengan mahasiswa lain yang telah menghadapi dan mengatasi tantangan atau pengalaman serupa.

7. Ajarkan Pelajaran Hidup atau Kelas Keterampilan.


Sayangnya, banyak sekolah SMA tidak mempersiapkan siswa dengan keterampilan hidup yang berharga seperti penganggaran uang, memasak, perbaikan dasar, atau hal penting lainnya.

Karena mahasiswa belajar untuk berkembang menjadi orang dewasa, jadi adakan kelas menyenangkan yang akan mengajari mereka keterampilan yang dapat diterapkan pada saat lulus nantinya.

Ajarkan keterampilan manajemen waktu, praktik terbaik penganggaran, dan bantu mempersiapkan mereka untuk pengeluaran pinjaman di masa depan. Menguasai keterampilan seperti perbaikan dasar mobil dan motor atau perawatan rumah yang akan membantu mahasiswa menjadi lebih mandiri.

8. Bantu Mahasiswa Bersantai dengan Aktivitas “Bebas Stres”.


Tahu sendiri kan, kehidupan mahasiswa bisa sangat menegangkan. Menyeimbangkan kelas, pekerjaan rumah atau kost, makalah, ujian, dan bagi beberapa orang sudah mempunyai pekerjaan paruh waktu, yang bisa menjadi banyak hal yang harus ditangani.

Kesehatan mental adalah bagian penting dari kesehatan secara keseluruhan, jadi libatkan mahasiswa dengan acara untuk menghilangkan stres di kampus, terutama sebelum atau setelah ujian.

Untuk kegiatan nya sendiri bisa dengan kegiatan “Ngobar” (Ngopi Bareng) atau nonton film bareng, atau camping bareng juga seru untuk dilakukan. Sebenarnya masih banyak kegiatan lainnya yang bisa menjadi pilihan.

9. Selenggarakan Acara Olahraga Kampus yang Menyenangkan.


Meski tidak semua suka dengan olahraga tapi pasti sebagian besar dari mereka sangat suka dengan olahraga. Buatkan kegiatan olahraga yang unik, kreatif dan menyenangkan pastinya.

Lakukan survei, olahraga apa yang pas untuk diselenggarakan, buat panitia acara, perintahkan setiap kelas untuk mengirimkan perwakilannya, yang penting persiapkan hadiah untuk pemenang nya nanti. Untuk dana bisa internal atau mencari sponsor dari luar.

10. Menyelenggarakan Kompetisi Foto atau Film Pendek Mahasiswa.


Sekarang mahasiswa sudah melek teknologi, banyak dari mereka yang mempunyai bakat di bidang multimedia khususnya fotografi dan videografi. Manfaatkan hal ini dan bantu mahasiswa untuk mengembangkan bakat mereka.

Dorong mahasiswa untuk bertemu dan membuat tim mereka sendiri. Berikan batas waktu tertentu bagi para siswa untuk menulis, menyutradarai, mengedit, dan memproduksi film pendek. Hubungkan film, teater, seni, desain, dan departemen lain untuk mensponsori kompetisi film mahasiswa.

11. Turnamen Game antar Mahasiswa.


Siapa sekarang yang tidak main game online, seperti PUBG, Mobile Legend, PES atau game lainnya, pasti semua nya main game tersebut. Kalau tidak salah ada beberapa kampus yang sudah membuat tim e-Sport nya sendiri.

Maka dari itu fasilitasi mereka yang mempunyai bakat di bidang ini dengan membuatkan Turnamen game kampus, siapkan tempat dan undang siswa untuk berkumpul dan bersaing dalam kompetisi video game.

Bisa kerja sama dengan pembisnis lokal untuk menjual camilan lezat atau undang penjual minuman energi untuk memeriahkan turnamen. Jangan lupa promosikan hadiah, buatkan sertifikat, dan beberapa hal yang membuat mereka serius bertanding.

Tips Penting Agar Mahasiswa Mau Menghadiri Acara Kampus


  • Cari tahu apa yang penting bagi mahasiswa agar mereka mau menghadiri acara atau kegiatan kampus.
  • Targetkan kepada mahasiswa yang paling mungkin tertarik dengan konten acara untuk meningkatkan tingkat kehadiran.
  • Memasukkan makna dan tujuan acara atau kegiatan pada saat promosi untuk menarik minat mahasiswa.
  • Sebarkan agenda acara atau kegiatan di mading, brosur dan media sosial kampus.
Itulah beberapa ide event kampus yang bisa dilakukan, hal diatas sangat penting bagi mahasiswa agar kuliah tak selalu tentang buku dan ujian.