Inilah 3 Budaya Nusa Tenggara Barat Yang Super Unik - MayuhMacah.com - Tingkatkan Pengetahuan dengan Membaca

Inilah 3 Budaya Nusa Tenggara Barat Yang Super Unik

Inilah 3 Budaya Nusa Tenggara Barat Yang Super Unik

MayuhMacah.com - Indonesia merupakan negara kepulauan. Yang mana memiliki banyak pulau – pulau dalam wilayahnya. Dalam pulau – pulau tersebut, terbagi dalam beberapa provinsi. Beragam budaya tersimpan di masing – masing wilayah tersebut.

Seperti halnya budaya Nusa Tenggara Barat yang sangat beragam macamnya. Di daerah milik Indonesia yang satu ini, terdapat beberapa macam tradisi yang unik.

Yang juga menjadi ikonik sebagai ciri khas daerah NTB atau Nusa Tenggara Barat. Pertunjukan budaya dan kesenian merupakan tradisi yang masih kental dengan ketradisionalan para penduduknya.

Adapun beberapa pertunjukan dan kesenian tersebut yang masih ada hingga kini. Yang akan diulas dalam artikel ini.

Agar kita sebagai masyarakat Indonesia bisa saling menghargai dan melestarikan adanya budaya Indonesia yang beragam. Yang mana menjadi ciri khas dan keunikan tersendiri untuk negara ini.

1. Dende Bunti


Di Kota Bima yang termasuk dalam wilayah Provinsi NTB, terdapat sebuah tradisi unik dalam pernikahan.

Dende Bunti merupakan budaya Nusa Tenggara Barat yang mana merupakan proses pengantaran mempelai laki – laki ke rumah sang mempelai perempuan. Dalam tradisi ini diikuti oleh rombongan dari pihak laki – laki.

Mereka yang merupakan sanak saudara dan para pemuka agama menggunakan pakaian yang menciri khaskan status sosialnya. Rombongan ini didampingi pula oleh iringan hadrah serta musik Arubana. Yang merupakan salah satu kesenian khas dari Kota Bima di Provinsi NTB.

2. Sentek Panguri


Berbeda dengan Kota Bima, Kota Sumbawa juga memiliki budaya Nusa Tenggara Barat yang khas lainnya. Yaitu tradisi adat Sentek Panguri.

Berasal dari masa kejayaan dari Kesultanan Sumbawa. Kata “kuri” memiliki arti “ucapan yang halus, santun, dan lembut”. Berguna sebagai bentuk penyemangat untuk Sultan Sumbawa Dewa Masmawa.

Ketika dilakukannya tradisi yang merupakan prosesi adat ini, persembahan akan dihantarkan oleh masing – masing kelompok masyarakat yang ada.

Anda bisa menyaksikannya ketika berkunjung ke daerah Sumbawa. Yang mana memiliki banyak warga asli sebagai penduduk dari daerah tersebut.

3. Nyongkolan


Seperti halnya yang ada di Kota Bima, Nyongkolan merupakan salah satu tradisi yang ada di Kabupaten Lombok Tengah. Yang dilakukan dalam prosesi pernikahan.

Dalam budaya Nusa Tenggara Barat yang satu ini akan dilakukan arak – arakan untuk kedua mempelai yang menggunakan pakaian adat. Didampingi oleh para kerabatnya dari rumah mempelai laki – laki menuju rumah mempelai perempuan.

Dalam arak – arakan tersebut, dibawalah hasil kebun yang berupa sayuran dan buah – buahan. Yang mana nantinya akan diberikan pada pihak keluarga mempelai perempuan.

Musik tradisional khas Suku Sasak NTB akan dimainkan dalam tradisi yang satu ini. Yang memiliki tujuan untuk perkenalan antara pihak laki – laki dan perempuan. Itulah beberapa budaya yang ada di NTB dan merupakan hal yang harus dilestarikan sebagai warisan bersejarah negara Indonesia.