Mau Jalan-jalan Gratis? Coba Buka Usaha Jadi Pemandu Wisata Aja - MayuhMacah.com - Tingkatkan Pengetahuan dengan Membaca

Mau Jalan-jalan Gratis? Coba Buka Usaha Jadi Pemandu Wisata Aja

Mau Jalan-jalan Gratis? Coba Buka Usaha Jadi Pemandu Wisata Aja

MayuhMacah.com - Akhir-akhir ini banyak tempat wisata baru bermunculan. Hal ini nggak terlepas dari tingginya minat wisatawan lokal dan mancanegara untuk berkunjung ke tempat-tempat wisata yang ada di Indonesia.

Mulai dari wisata alam seperti Gunung Bromo sampai ke wahana wisata seperti Taman Ancol ada di Indonesia. Nah, kamu bisa lho memanfaatkan peluang ini buat bikin usaha jadi pemandu wisata.

Caranya gampang kok. Coba aja pakai cara-cara menjadi seorang tour guide kayak ulasan di bawah ini.

Menentukan Tempat


Hal pertama yang perlu kamu lakukan kalau berminat menjadi seorang pemandu wisata adalah menentukan tempat wisata buat kamu bekerja. Ada banyak pilihannya. Tentunya tergantung dari keahlian dan wawasan yang kamu punya.

Kalau kamu menyukai hal-hal berbau sejarah, kamu bisa memilih kawasan wisata Candi Borobudur sebagai tempat kerja. Lain lagi kalau kamu suka dengan hal-hal yang berhubungan dengan alam.

Kamu bisa memilih bekerja di tempat wisata semacam kawasan wisata BTS (Bromo, Tengger, Semeru) sebagai tempat bekerja. Pokoknya sesuaikan saja tempatnya dengan referensi kamu.

Mencari Institusi Pendidikan untuk Tour Guide


Langkah selanjutnya untuk memulai usaha jadi pemandu wisata adalah mencari institusi atau lembaga pendidikan yang melatih seorang tour guide.

Gampang kok carinya. Bisa lewat pencarian Google atau media sosial. Bisa juga lewat referensi dari teman-temanmu.

Carilah lembaga pendidikan tour guide yang terpercaya dan nggak abal-abal. Kenapa? Karena tempat pendidikan yang kamu pilih ini nantinya bakal berpengaruh ke nilai jual kamu sebagai seorang pemandu wisata.

Dapat Lisensi Khusus Pemandu Wisata


Setelah menempuh pendidikan sebagai seorang tour guide selama beberapa bulan atau tahun, kamu berhak mendapatkan sertifikat atau lisensi khusus sebagai seorang pemandu wisata profesional.

Artinya, kamu bisa memulai usaha jadi pemandu wisata secara resmi dan kredibel. Jadi bukan asal-asalan karena kamu sudah menempuh pendidikan khusus.

Setelah kamu mendapatkan lisensi ini, kamu bisa mulai melamar bekerja menjadi seorang pemandu wisata profesional.

Pilih Jadi Freelancer Tour Guide atau Staff Tour Guide


Ada dua pilihan yang bisa kamu pilih setelah resmi menjadi seorang pemandu wisata profesional:

Yaitu membuka usaha jadi pemandu wisata secara independen dengan menjadi freelancer atau bergabung bekerjasama dengan agensi wisata menjadi seorang staff tour guide.

Pilihlah yang paling cocok dengan karakteristik kamu. Kalau kamu nggak suka dikekang dan ingin bekerja secara bebas, kamu pilih aja tawaran menjadi seorang freelancer.

Tapi, kalau kamu ingin punya komunitas khusus sebagai seorang tour guide, kamu bisa menjatuhkan pilihan menjadi staff tour guide di agensi wisata.

Tips usaha jadi pemandu wisata diatas bisa kamu lakukan selagi masih jadi mahasiswa maupun kamu yang masih fresh graduate, yang paling penting untuk memulai usaha ini kamu harus berpengalaman di tempat wisata yang nantinya akan jadi lokasi kerja kamu.