11 Ide Bisnis Kreatif Modal Kecil Bisa Dijalankan Dari Rumah - MayuhMacah.com - Tingkatkan Pengetahuan dengan Membaca

11 Ide Bisnis Kreatif Modal Kecil Bisa Dijalankan Dari Rumah

11 Ide Bisnis Kreatif Modal Kecil Bisa Dijalankan Dari Rumah

MayuhMacah.com - Mempunyai bisnis dan usaha sendiri adalah impian banyak orang, apalagi mereka yang masih dalam usia produktif yakni 24-39 tahun. Meski tak ada tunjangan di hari tua, namun mempunyai bisnis atau usaha ada kebanggaan tersendiri.

Cita-cita mempunyai usaha sendiri dianggap sebagai sesuatu yang besar. Katanya butuh modal besar untuk merintis bisnis dari nol. Nyatanya, banyak banget kok bisnis kreatif dengan modal kecil, bahkan ada yang tanpa perlu sewa ruko.

Banyak yang telah membuktikan kesuksesannya merintis bisnis dengan modal kecil. Contohnya adalah Mas Najudin, ABG yang viral di media sosial berkat kesuksesannya membangun bisnis undangan online. Dengan bisnisnya itu, dia bisa meraup omzet sampai 15 juta perbulan.

Bagi kamu yang ngebet ingin mempunyai bisnis kreatif, boleh saja meniru ide bisnis undangan online, namun jangan hanya terfokus pada ide bisnis undangan online saja. Masih banyak ide bisnis kreatif lainnya yang bisa kamu coba, tentunya yang sesuai dengan hardskill maupun softskill kamu.

Dengan modal kecil, tanpa sewa ruko, bahkan dijalankan dari rumah, kamu bisa kok merintis bisnis kreatif. Berikut beberapa informasi mengenai ide bisnis kreatif di tahun 2021.

Bisnis Kado Wisuda


Sekarang ini kuliah bukanlah hal yang mahal, banyak yang lulus sma/smk melanjutkan ke jenjang perguruan tinggi.

Banyaknya mahasiswa baru berbanding lurus dengan mahasiswa yang wisuda. Karena wisuda merupakan momen yang sekali atau dua kali seumur hidup, maka banyak yang memberikan kado wisuda untuk teman, pacar, keluarga dll.

Bisnis kado wisuda dalam bentuk apa aja sih?


  • Buket kado wisuda. Untuk satu buket wisuda bisa dimulai dengan modal 50rb saja lho. Untuk harga jualnya bisa start 80rb, tentu tergantung isian buketnya. Isi buket kado wisuda antara lain : Buket bunga, buket boneka, buket snack / makanan ringan, dan buket foto + pigura.
  • Graduation Cake. Kue tar dan jenis kue lainnya bisa menjadi kado yang cocok untuk wisuda. Agar lebih menarik, kue bisa dihiasi dengan ornamen wisuda. Tak bisa buat kue sendiri? kamu bisa pesan kue ke toko kue, jadi kamu hanya sebatas pemberi jasa saja. Untuk modal bisnis kado graduation cake start 100 ribu tergantung ukuran dan kerumitan bentuk kue.
  • Plakat Wisuda. Plakat sudah sejak dulu dijadikan kado atau hadiah atas sebuah pencapaian. Bisnis plakat wisuda juga sudah banyak yang memulainya lho. Jika sedang tidak musim wisuda, bisnis plakat masih bisa berjalan untuk kebutuhan hadiah lomba, perpisahan dll.

Bisnis Reseller Produk Kecantikan


Menjadi reseller tidak membutuhkan modal besar, kita hanya bermodalkan skill penjualan. Produk yang sering dijual reseller adalah produk kesehatan, karena kebutuhan yang selalu ada serta harga yang sangat terjangkau.

Untuk memulai menjadi reseller, kamu harus memilih produsen yang berkualitas dan sudah mempunyai brand. Menjadi reseller brand baru sangatlah berat, kamu harus memasarkan brand tersebut mulai dari Nol karena belum punya nama di konsumen.

Sebagai contoh, jika kamu ingin menjadi reseller produk skin care, kamu bisa memilih produk Natura World atau MS Glow. Dimana kedua produk tersebut sudah punya nama di kalangan konsumen produk kecantikan.

Bisnis Frozen Food


Frozen Food merupakan produk makanan siap olah yang dikemas dalam kondisi beku agar produk tersebut bisa bertahan lebih lama. Jika kamu mempunyai freezer, ataupun kulkas kamu bisa mencoba memulai bisnis Frozen Food.

Produk Frozen Food antara lain :


  • Ayam Frozen dengan harga jual 75 – 150rb perekor 
  • Risoles Frozen dengan harga jual 25 – 30rb 1 pack isi 5 
  • Bakso Ayam Frozen biasa dijual 25rb per 250gr 
  • Dimsum Frozen dijual kisaran harga 30rb 
  • Tahu Bakso Frozen biasa dijual seharga 25rb per 1 pack isi 5 biji
Dengan modal yang cukup besar dalam memulai bisnis frozen food. Maka kamu harus berani konsisten, harus rajin riset mengenai produk yang kamu jual, punya produk yang unik agar mudah dalam bersaing, pahami kompetitor agar tidak kalah dalam pemasaran.

Bisnis Poster Kekinian


Hiasan dinding merupakan ladang bisnis yang masih menggiurkan. Salah satu ornamen hiasan dinding yang baru ngehits lagi adalah poster kekinian. Kalau kamu adalah orang yang kreatif, mengapa tak mencoba bisnis poster kekinian.

Produk dari poster kekinian antara lain :


  • Frameless Poster. sebuah poster foto dengan box berbahan papan mdf yang mengedepankan seni tanpa sisi atau tanpa bingkai kalau istilah smartphone mah “full view display” 
  • Photoblock. Yaitu mencetak foto dengan mentransfer foto tersebut ke papan mdf dan jenis papan kayu lainnya. Dengan begitu foto tampak natural yang seolah-olah terlukis langsung di papan kayu. 
  • Poster Aestetik. Istilah aestetik lagi ngehits di sosial media nih, bisa jadi lahan bisnis nih. Kalau kamu jago editing foto dengan konsep aestetik, kamu bisa mencoba bisnis poster aestetik.

Jualan Kebutuhan-Kebutuhan New Normal


Akibat penyebaran virus corona kita diharuskan hidup dalam kondisi new normal. Kondisi dimana kita mempunyai kebiasaan-kebiasaan baru yang disesuaikan untuk mengatasi penyebaran virus corona. Seperti, memakai masker, rajin cuci tangan, pengurangan kegiatan bersosial dll.

Di masa pandemi seperti ini ada hikmah yang bisa kita ambil. Salah satunya adalah berjualan kebutuhan-kebutuhan selama masa new normal.

Kebutuhan di masa pandemi yang bisa kamu jadikan lahan bisnis adalah;


  • Menjadi distributor masker. Penjualan masker selama masa pandemi melonjak tajam, karena kebutuhan masker hampir setiap hari. 
  • Jualan Frozen Food. Karena pembatasan kegiatan sosial memaksa kita untuk menyetok persediaan makanan untuk satu minggu kedepan. Dalam kondisi tersebut jualan frozen food sangatlah menjanjikan karena masyarakat butuh makanan siap olah yang bisa disimpan dalam waktu cukup lama. 
  • Menjadi distributor produk disinfektan. Produk disinfektan diperlukan hampir setiap tempat umum, bahkan rumah pribadi pun harus menyiapkan disinfektan baik untuk keluarga atau untuk tamu. Produk disinfektan antara lain; Sabun cuci tangan, hand sanitizer dll.
Jika kamu belum berani atau belum punya dana untuk menjadi distributor, kamu bisa kok menjadi reseller untuk menjual produk kebutuhan-kebutuhan new normal.

Bisnis Foto Produk


Kamu punya skill fotografi, skill editing gambar, kenapa tak coba bisnis yang satu ini. Yups, bisnis foto produk, foto produk adalah kegiatan memotret sebuah produk secantik mungkin untuk dijadikan sampul pada katalog produk.

Usaha foto produk lagi naik daun nih mengingat banyak sekali usaha makanan dan produk kreatif yang tentunya membutuhkan jasa foto untuk produk mereka. Untuk satu produk dengan 3 hasil foto pilihan umumnya dikenakan biaya sebesar 50rb rupiah, lumayan bukan.

Untuk promosi bisnis ini juga tidak sulit kok, kamu cukup reupload hasil photowork kamu di akun instagram. Agar lebih maknyuzz kamu bisa mengiklankan akun IG kamu lewat instagram ads atau FB ads.

Catering Nasi Box dan Snack


Akhir akhir ini jadi banyak banget acara yang tidak boleh berkerumun, yang akhirnya makanan dan snacknya harus dibungkus agar dibawa pulang oleh tamu undangan. Melihat situasi tersebut, jadi banyak sekali yang membutuhkan jasa catering nasi box dan snack.

Kalau kamu adalah ibu rumah tangga yang jago masak, kamu bisa coba bisnis catering nasi box dan snack loh. Modalnya mungkin cukup besar, tapi kamu bisa meminta uang DP kepada pemesan untuk dijadikan modal.

Adapun acara-acara yang biasa membutuhkan jasa catering nasi box dan snack antara lain :


  • Acara Rapat / Meeting 
  • Makan siang kantor 
  • Acara Buka Bersama 
  • Acara Syukuran dll

Buket Uang Mahar


Jika dulu orang memberikan mahar apa adanya tanpa perlu dihias dan lain sebagainya, beda dengan sekarang. Orang jaman sekarang lebih kreatif, ingin memberikan yang terbaik untuk yang dicinta.

Jadi pada acara tunangan atau pernikahan banyak yang membutuhkan jasa buket uang mahar dengan desain secantik dan sekeren mungkin.

Kalau kamu orangnya kreatif dalam menata dan menyusun, kamu boleh saja kok mencoba keberuntungan dengan membuka jasa buket uang mahar. Modal yang kamu perlukan juga tidak besar kok, kamu hanya perlu skill dan modal ornamen hiasan.

Admin Akun Media Sosial


Jika kamu ingin memiliki usaha sampingan tanpa keluar rumah, kamu bisa mencoba menjadi Admin akun media sosial. Banyak usaha startup yang membutuhkan admin untuk mengelola akun media sosial mereka.

Hanya bermodalkan smartphone dan kemampuan menggunakan sosial media kamu sudah bisa menjadi admin.

Ada banyak startup yang membutuhkan admin sosial media mereka seperti; Usaha Digital Marketing, Usaha Online Shop, Usaha Desain Online, dan usaha startup lainnya yang mengandalkan internet sebagai jalan marketing mereka.

Bisnis Feed Instagram


Instagram menjadi sosial media terbaik untuk promosi produk. Dengan mengupload katalog produk di instagtram, calon konsumen jadi bisa tahu produk kita tanpa kita membuat website. Hanya saja jika tampilan feed instagram tidak tertata rapi tentu calon pelanggan jadi kurang tertarik.

Menengok permasalahan tersebut, banyak pemilik usaha yang membutuhkan jasa Feed Instagram, apalagi mereka yang terbilang kudet dengan instagram.

Kalau kamu suka main instagram pasti kamu tahu kan bagaimana feed instagram yang menarik. Kamu bisa memanfaatkan kepiawaianmu dalam menata feed instagram untuk membuka jasa posting produk di instagram serta merapikan feed instagram.

Bisnis Sayuran Hidroponik


Hidroponik merupakan tehnik menanam tanpa menggunakan lahan tanah, tetapi menggunakan air sebagai mediumnya. Sayuran hidroponik dianggap lebih sehat karena tidak menggunakan pupuk kimia.

Beberapa jenis sayuran hidroponik yang laris di pasaran adalah ; Sawi, Kangkung, Bayam, Brokoli, Cabai, Tomat dan masih banyak lagi.

Untuk memulai bisnis sayuran hidroponik kamu tak harus memiliki sawah loh. kamu bisa memanfaatkan halaman rumah, rooftop, atau kebun untuk dijadikan lahan hidroponik. Tak seperti lahan pertanian konvensional yang tanamannya berjajar. Pada metode hidroponik tanaman ditumpuk secara vertikal sehingga menghemat lahan.

Berapa modal yang dibutuhkan untuk memulai bisnis hidroponik rumahan? Berdasarkan sharing dari teman-teman, modal untuk bisnis hidroponik rumahan dimulai dari 1.5 Juta loh. Itu sudah termasuk peralatannya, gimana? apakah kamu tertarik? jangan takut untuk mencoba ya.

Akhir Kata


Merintis bisnis kreatif memang tidak mudah, namun kalau kamu tidak berani mencoba maka kamu tidak akan pernah tahu hasilnya. Kalau masih dalam kontrak kerja tetap, kamu bisa menyisihkan uang gajian kamu untuk memulai mengumpulkan modal.

Selain beberapa bisnis di atas, kamu juga bisa memulai bisnis kreatif lainnya yang sesuai dengan kemampuan dan minat kamu. Jangan lupa pula untuk melihat peluang usahanya, jikalau memang tidak sesuai maka tidak perlu kamu lanjutkan.