Bisnis Katering Rumahan Modal Kecil? Begini Cara Memulai dan Kunci Suksesnya! - MayuhMacah.com - Tingkatkan Pengetahuan dengan Membaca

Bisnis Katering Rumahan Modal Kecil? Begini Cara Memulai dan Kunci Suksesnya!

Bisnis Katering Rumahan Modal Kecil? Begini Cara Memulai dan Kunci Suksesnya!

MayuhMacah.com - Di masa pandemi yang belum berakhir ini bisnis katering rumahan menjadi pilihan banyak ibu-ibu rumah tangga untuk membantu finansial keluarga. Bahkan para anak muda pun mulai menekuni bisnis ini karena peluangnya yang menjanjikan.

Anjuran untuk tetap stay at home dan membatasi interaksi, menyebabkan banyak orang yang akhirnya memilih pesan makanan, baik itu katering atau bukan. Untuk katering ini biasanya menu yang dihadirkan beragam dan selalu berganti setiap hari.

Ini Dia Cara Memulai Usaha Katering Rumahan dan Kunci Suksesnya!


Ingin memulai bisnis katering rumahan dengan modal kecil? Bukan masalah berat asalkan tahu bagaimana cara memulai dan strateginya. Bahkan meraih kesuksesan pun bukan hal sulit. Nah, perhatikan cara dan kunci suksesnya di artikel ini, ya;

1. Jangan Lupa Riset Pasar


Sangat penting dilakukan riset pasar sebelum memulai. Perhatikan dan amati bisnis serupa yang telah ada dan sukses lebih dulu. Bagaimana cara berpromosi, mencari market, harga paket makanan hingga menu yang selalu disukai banyak orang.

2. Cari Supplier yang Tepat


Dengan modal yang kecil bukan berarti bahan baku yang akan digunakan nantinya seadanya. Bahan baku terbaik bisa didapat asalkan pandai mencari supplier yang menyediakan bahan baku dengan harga terjangkau.

3. Asah Kemampuan Memasak dan Jam Terbang


Jika belum memiliki kemampuan untuk membayar ahli memasak yang handal, tak ada salahnya apabila menu makanan dimasak sendiri. Apalagi jika punya kemampuan memasak meski amatir, yang diperlukan hanya mengasah kemampuan.

Satu lagi, tingkatkan jam terbang dalam mengenalkan bisnis katering rumahan agar semakin banyak orang yang mengenal dan kemampuan masak berbagai menu pun akan semakin meningkat.

Rasa dan keunikan makanan pun akan jadi ciri khas yang tidak tertandingi. Orang-orang biasanya lebih menyukai rasa yang unik dan otentik. Lebih suka menu dengan rasa rumahan.

4. Tentukan Brand dan Konsep Katering


Brand adalah adalah hal yang penting dalam bisnis. Begitu juga dalam bisnis katering rumahan, brand akan menentukan kesuksesan.Konsep pun penting, apakah katering yang dirintis untuk harian atau mingguan.

Ada pula bisnis katering yang hanya diperuntukkan untuk acara tertentu saja, untuk kantor atau event penting. Nah, konsep ini harus ditentukan di awal saat bisnis baru akan dimulai.

5. Jangan Marah Apabila Menerima Kritik


Kritikan atas rasa makanan dan tampilan adalah hal yang biasa terjadi dalam bisnis katering. Sebagai pemula yang ingin sukses jangan terbawa perasaan dan mudah tersinggung apabila terdapat konsumen yang memberikan kritikan.

Sebaliknya terima kritikan tersebut dengan lapang dan senang hati. Jadikan kritikan tersebut sebagai pelecut agar rasa makanan serta tampilan bisa lebih baik lagi. Sulit menerima masukan justru tidak akan membuat bisnis katering maju dan berkembang.

Memulai bisnis katering rumahan sebenarnya bukan hal yang sulit. Terlebih jika menu yang disajikan dan jadi andalan adalah masakan rumahan yang sudah familier tampilan dan rasanya. Terutama banyak pula yang lebih suka masakan rumahan.