Apa Saja Keterampilan Dasar Yang Penting Dimiliki Anak? - MayuhMacah.com - Tingkatkan Pengetahuan dengan Membaca

Apa Saja Keterampilan Dasar Yang Penting Dimiliki Anak?

Apa Saja Keterampilan Dasar Yang Penting Dimiliki Anak?

MayuhMacah.com - Di masa pandemi bisa jadi saat yang tepat untuk mengajarkan keterampilan dasar yang penting dimiliki anak, agar anak menjadi mandiri. Hal ini akan membantu ketika nanti anak mulai normal masuk sekolah tahu apa yang harus dilakukan dan diperhatikan. 

Selain itu juga agar anak punya pondasi kuat dan bekal yang cukup untuk menjalani kehidupannya hingga dewasa nanti.

Pengertian Sederhana Tentang Keterampilan Dasar Yang Penting Dimiliki Anak


Life skill atau keterampilan dasar memang seharusnya diajarkan sejak dini, agar anak dapat belajar mandiri, terutama anak-anak yang orang tuanya seorang pekerja. Hal ini menjadi sangat penting, karena untuk memberikan bekal pada anak-anak menjalani kehidupannya di masa depan.

Selain tentunya untuk mengembangkan keterampilan dasar anak-anak agar tidak kaget ketika anak harus hidup mandiri karena harus melanjutkan pendidikan ke luar kota.

Keterampilan dasar yang penting dimiliki anak adalah serangkaian kegiatan untuk menggambarkan kemampuan yang didapatkan dari suatu proses belajar atau pengalaman hidup. Sehingga nantinya anak akan lebih siap menghadapi tantangan hidup yang sesungguhnya sangat berat dan tidaklah mudah.

Hal ini akan membuat sebuah kelompok ataupun perorangan dapat menangani masalah yang dihadapi sehari-hari di kehidupannya.

Keterampilan dasar tersebut biasa meliputi


  • Kenyataan yang benar-benar mempengaruhi orang.
  • Kepekaan terhadap masalah yang melibatkan teman atau keluarga.
  • Perbedaan pendapat yang akan membuat anak mampu mempertahankan pendapatnya.
  • Moral pada anak-anak dalam menghadapi situasi yang mengharuskan anak memilih mana yang benar dan salah, penting dan tidak penting, serta baik dan buruk.

Keterampilan Dasar Yang Penting Dimiliki Anak Untuk Diajarkan


Mengajarkan keterampilan dasar yang penting dimiliki anak tidak hanya berguna untuk saat sekarang, tetapi akan berguna hingga anak tumbuh dewasa dan memiliki kehidupan sendiri.

Keterampilan ini menjadi penting karena life skill itu tidak bisa digantikan oleh mesin, sehingga anak nantinya dapat mengembangkannya. Untuk itu yang dibutuhkan anak tidak hanya pembelajaran secara akademis, akan tetapi juga keterampilan dasar.

Berikut beberapa keterampilan yang harus diajarkan kepada anak, yang utama adalah mengajarkan anak berani menghadapi tantangan.

Contohnya anak dapat dengan mudah beradaptasi dengan lingkungannya, punya motivasi dan problem solving, serta kreatif. Di bawah ini keterampilan yang penting diajarkan pada anak-anak, di antaranya:

  1. Belajar menabung, hal ini bertujuan agar anak dapat mengatur keuangan dan belajar untuk berhemat.
  2. Pertolongan pertama, ini diajarkan agar anak dapat menolong dirinya dan orang lain saat mengalami luka-luka.
  3. Mencuci dan menyetrika pakaian, keterampilan ini penting karena untuk melatih anak agar dapat membantu saat cucian di rumah menumpuk.
  4. Memasak, adalah Keterampilan dasar yang penting dimiliki anak agar anak tahu proses makanan bisa dimakan.
  5. Memakai perkakas, keterampilan berikutnya adalah cara menggunakan kompor, tang, pisau, obeng, hal ini agar anak tumbuh menjadi pribadi mandiri dan menghemat biaya dengan melakukan perbaikan sendiri.
  6. Berkomunikasi dengan orang lain, hal ini mengajarkan anak berani berbicara di depan umum dan tidak memiliki rasa minder, serta kontak mata saat berbicara dengan orang lain.
Nah itu tadi sedikit ulasan tentang keterampilan dasar yang penting dimiliki anak yang dapat diajarkan sejak anak masih kecil.

Harapannya tentu saja agar anak mampu menghadapi tantangan hidup dan melatih kemandirian serta kemampuan beradaptasi dengan lingkungan. Jadi kedepannya anak bisa berkembang lebih baik lagi secara karakter maupun perilaku.