Dampak Minder dan Insecure yang Perlu Kamu Tahu - MayuhMacah.com - Tingkatkan Pengetahuan dengan Membaca

Dampak Minder dan Insecure yang Perlu Kamu Tahu

Dampak Minder dan Insecure yang Perlu Kamu Tahu

MayuhMacah.com - Minder dan insecure merupakan salah satu sikap kurang percaya diri yang terjadi pada seseorang ketika dirinya merasa banyak kekurangan yang dimilikinya.

Di Indonesia sendiri masih banyak orang yang mengalaminya, tanpa memikirkan dampak minder dan insecure itu banyak ke ranah negatif. Sebenarnya setiap manusia itu sudah diciptakan dengan segala kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Jadi kamu tidak perlu lagi merasa bahwa kekurangan itu mampu menutupi kelebihan yang dimiliki. Untuk itulah mengapa kamu perlu menyimak penjelasan berikut.

Inilah Dampak Minder dan Insecure yang ke Arah Negatif


1. Selalu Merasa Kesepian di Kehidupannya


Ketika kamu merasa minder atau insecure sebenarnya hal tersebut malah akan membuat diri selalu merasa kesepian di setiap saat. Kenapa? karena memang kamu berusaha untuk menjauhkan diri dari orang-orang sekitar yang dianggap mempunyai kelebihan banyak.

Lebih baik jangan menyiksa diri dan mulailah untuk membuka pikiran bahwa kekurangan itu pasti ada.

Sesungguhnya dampak minder dan insecure ini akan membuat kehidupan kamu kurang berwarna, sehingga lambat laun akan menjadikan diri semakin terpuruk dalam keadaaan.

2. Tidak Mudah Beradaptasi di Lingkungan Baru


Dampak minder dan insecure yang kedua ini adalah kamu akan menjadi orang yang tidak mudah beradaptasi dengan lingkungan baru. Pribadi ini akan menjadikan kamu sebagai manusia yang sulit untuk bersyukur.

Melihat teman yang lebih cantik atau ganteng kamu jadi merasa kurang pede. Atau melihat mereka mempunyai pasangan dan kamu tidak sudah menumbuhkan rasa insecure.

Tidak perlu demikian, karena orang pasti akan menemukan kelebihannya sendiri dan kamu hanya perlu menikmati apa yang sudah dianugerahkan Tuhan.

Mungkin jika kamu sulit untuk beradaptasi di lingkungan masyarakat, itu tidak akan terlalu memberikan dampak yang besar. Namun apabila kamu bertindak demikian di lingkungan kerja atau kampus maka bisa-bisa akan diacuhkan oleh orang-orang di sekitar karena merasa kurang nyaman.

3. Sulit Mendapatkan Teman


Sering-sering merasa insecure terhadap sekitar akan membuat kamu sulit mendapatkan teman. Padahal keberadaaan teman ini dapat membuat kamu lebih bisa menikmati hidup dan memberikan warna di setiap langkah yang dijalani.

Terlebih ketika kamu sudah masuk ke dunia pendidikan di universitas ataupun pekerjaan. Membangun relasi pertemanan positif yang sebanyak-banyaknya sangat disarankan. Jika kamu mau untuk memulai, pasti teman-teman akan terinspirasi dengan sikap itu.

4. Sulit Melihat Kelebihan Diri


Seperti yang sudah dikatakan tadi bahwa Tuhan menciptakan manusia dengan kelebihan dan kekurangan. Jika kamu sendiri tidak mau menemukan kelebihan itu, mau sampai kapan akan merasa hanya seorang diri yang diberikan kekurangan besar?

Memang hal ini menjadi dampak minder dan insecure yang paling sering dialami oleh seseorang. Apalagi jika kamu diprovokasi oleh orang lain dan mudah terpengaruh. Itu akan membuat kamu semakin down jika tidak dapat mengendalikan diri sendiri.

Biasanya orang-orang yang mempunyai sikap minder dan insecure yang berlebihan akan langsung mengambil keputusan untuk menjauh dan mengurung diri. Padahal itu semua akan membuat kamu malah semakin merasa kelebihan yang dipunyai tidak ada, dan selalu kurang.

Itulah tadi ulasan terkait dampak minder dan insecure ke arah negatif yang dapat menjadi pembelajaran berharga untuk kamu.

Meskipun ada pula yang menikmati kesendiriannya, namun kamu adalah makhluk sosial yang tidak akan bisa tanpa berinteraksi dengan orang lain. Jadi usahakan untuk mengubah sikap tersebut.