5 Cara Agar Tidak Terprovokasi Berita Hoax di Dunia Maya - MayuhMacah.com - Tingkatkan Pengetahuan dengan Membaca

5 Cara Agar Tidak Terprovokasi Berita Hoax di Dunia Maya

5 Cara Agar Tidak Terprovokasi Berita Hoax di Dunia Maya

MayuhMacah.com - Istilah berita palsu (hoax) semakin banyak terdengar di dunia maya. Kemudahan penyebaran informasi melalui media sosial memudahkan penipuan berkembang dengan cepat.

Dalam hitungan menit, bisa dikatakan sudah ratusan kali dibagikan oleh pengguna media sosial atau biasa disebut netizen. Akibatnya masyarakat yang tidak mengetahui kebenaran mudah tersinggung, dan jika dibiarkan akan terjadi kerusuhan.

Sebagai seorang netizen yang cerdas, tidak semua berita yang tersebar harus ditelan dengan cara seperti ini. Jika tidak ingin direpotkan oleh berita bohong, Kamu harus mengikuti 5 cara agar tidak terprovokasi berita hoax berikut ini:

Cara Agar Tidak Terprovokasi Berita Hoax Di Dunia Maya


1. Waspadai Berita Provokatif


Waspadai berita utama yang provokatif dimana seringkali berita palsu ini dijadikan headline yang sensasional dan provokatif.

Seperti misalnya hanya menunjuk langsung ke pihak tertentu saja. Isi beritanya juga dapat diperoleh dari berita resmi media, tetapi beberapa informasi telah diubah untuk membuat apa yang diinginkan oleh pembuat hoax.

2. Cek Sumber Berita


Periksa fakta dari penyebaran berita tersebut dan cek sumbernya, apakah dari instansi resmi atau bukan. Kalau informasi ini bersumber dari peserta, pengamat atau tokoh politik di ormas, jangan percaya dalam waktu dekat.

Dengan mencari sumber berita lain, tetapi juga memperhatikan keseimbangan sumber tersebut. Sehingga kamu dapat membandingkan keaslian gambaran lengkap dan informasi di dalamnya. Setelah itu amati jenis berita yang kamu baca berdasarkan fakta atau opini.

3. Periksa Keaslian Foto atau Video


Periksa keaslian foto dari konten berita yang tidak hanya berupa teks saja tetapi juga menyertakan foto bahkan video untuk mendukung konten berita tersebut.

Namun karena sifat teknologi digital yang canggih. Sekarang bahkan mungkin untuk mengedit foto dan video untuk memengaruhi pembaca.

Hal ini menjadi cara agar tidak terprovokasi berita hoax. Di sini kamu harus menggunakan mesin pencari Google untuk mempelajari keaslian media. Caranya adalah dengan drag and drop ke kolom pencarian gambar Google.

4. Cek URL Situs


Jelajahi alamat situs yang dari beberapa pemberitaan bahkan berani menyertakan website atau link agar terlihat nyata.

Tapi jangan langsung percaya. Kamu perlu mencari alamat situs, terlepas dari apakah alamat situs tersebut telah diverifikasi oleh kantor berita resmi. Biasanya tidak mungkin untuk mengkonfirmasi situs web menggunakan domain blog.

5. Gabung Komunitas


Gabung komunitas anti-hoax agar bisa saling cross check yang kini memang sudah banyak terdapat di internet.

Beberapa diantaranya bisa ditemukan pada platfrom media sosial seperti fanpage dan grup diskusi anti-hoax di Facebook dan forum lainnya seperti Forum Anti Fitnah, Hasut, dan Hoax (FAFHH).

Kamu juga bisa melaporkan berita hoax secara langsung di media sosial atau dengan membuat pengaduan konten negatif dengan mengirimkan e-mail ke Kementerian Komunikasi dan Informatika di aduankonten@mail.kominfo.go.id.

Sekian ulasan mengenai 5 cara agar tidak terprovokasi berita hoax di dunia maya yang harus kamu ketahui.

Hal ini memang semakin penting di tengah penyebaran informasi digital yang sangat cepat. Dengan begitu berita yang beredar bisa terus tersaring dan tidak ada lagi tempat untuk hoax.