Budaya Jepang Tentang Menjaga Kebersihan yang Menarik - MayuhMacah.com - Tingkatkan Pengetahuan dengan Membaca

Budaya Jepang Tentang Menjaga Kebersihan yang Menarik

Budaya Jepang Tentang Menjaga Kebersihan yang Menarik

MayuhMacah.com - Selain mempunyai kecanggihan teknologi yang memukau, Jepang menjadi salah satu negara yang dikagumi masyarakat karena mempunyai keunikan tersendiri.

Salah satunya adalah budaya Jepang tentang menjaga kebersihan yang sangat menarik dan jarang ditemukan pada negara lain.

Hal tersebut bisa terjadi karena memang warga Jepang mempunyai kebiasaan ramah lingkungan serta sangat disiplin.

Kebiasaan inilah yang memberikan dampak baik bagi kebersihan lingkungannya sehingga negara tersebut super bersih. Adapun berikut ini contoh budaya yang dimaksudkan tadi.

5 Budaya Jepang Tentang Menjaga Kebersihan yang Patut Diacungi Jempol


1. Memilah Sampah berdasarkan Jenis


Menjadi negara terbersih di dunia, budaya Jepang tentang menjaga kebersihan mempunyai peraturan yang harus dipatuhi oleh semua masyarakatnya. Seperti memilah sampah berdasarkan jenisnya.

Tidak hanya warganya saja yang kompak namun pemerintahnya pun mendukung. Terbukti pemerintah menyediakan sistem pembuangan sampah yang sangat baik.

Misalnya untuk sampah plastik di tempat yang berwarna kuning, kertas di tempat berwarna merah, dan lain sebagainya. Selain itu semua sampah yang dapat didaur ulang juga akan dimanfaatkan kembali.

2. Memperhatikan Kebersihan Makanan


Budaya Jepang tentang menjaga kebersihan yang kedua adalah masyarakat yang selalu memperhatikan kebersihan makanan. Bahkan kebiasaan ini sudah diterapkan sejak kecil dan sikap tersebut seakan sudah mendarah daging pada kehidupan sehari-hari mereka.

Khususnya orang-orang yang bekerja di bagian restoran. Hal tersebut dibuktikan dengan beberapa toko roti yang mengemas rotinya dengan kemasan apik dan rapi. Mereka memberikan kemasan dengan teliti agar kualitas dari produk tidak rusak dan tetap terjaga kebersihannya.

3. Sangat Peduli dengan Lingkungan


Sejak berada di Sekolah Dasar anak-anak di Jepang sudah ditanamkan kebiasaan tentang menjaga kebersihan lingkungan. Siswa disana wajib membersihkan kelasnya sendiri sebagai kegiatan rutin.

Jadi ketika menginjakkan kaki disana jangan heran jika tidak ada sampah di jalan.

Orang Jepang tidak akan mungkin membuang sampah secara sembarangan karena ketika mereka mengkonsumsi makanan atau camilan yang berkemasan sampahnya pasti dibawa pulang. Sehingga jalanan di seluruh negara ini bisa dipastikan sangat bersih dan bebas dari sampah.

4. Lebih Memilih Transportasi Umum


Jika di Indonesia kebanyakan masyarakat lebih memilih mengendarai sepeda motor atau mobil untuk pergi ke suatu tempat, namun pada masyarakat Jepang berbeda.

Bagaimana tidak meskipun transportasi negara ini sangat canggih, orang-orang sangat menyukai transportasi umum. Budaya Jepang tentang menjaga kebersihan yang satu ini dilakukan karena masyarakat disana malas untuk terjebak macet.

Selain itu kebiasaan ini dilakukan supaya tidak menambah polusi. Untuk itulah negara Jepang juga dikenal mempunyai udara yang bersih dari polusi kendaraan.

5. Rutin memakai Disinfektan


Kebiasaan yang dapat ditiru dan dipraktekkan pada kehidupan sehari-hari adalah rutin menyemprotkan disinfektan atau spray antibakteri ke tangan dan seluruh sudut ruangan serta barang.

Terlebih sejak covid-19 melanda ke semua pelosok negara, termasuk Indonesia sendiri.

Itu membuat masyarakat Jepang lebih waspada dan menjadi lebih ekstra dalam menjaga kebersihan rumah maupun tubuh. Sehingga hal tersebut membuat masyarakat juga memperhatikan pola kehidupan untuk menjaga stamina serta kesehatan mereka.

Itulah kelima budaya Jepang tentang menjaga kebersihan yang sangat menarik dan wajib diterapkan di Indonesia. Pasalnya dari segi kebersihan, Indonesia masih sangat jauh dibandingkan Jepang.

Jadi jika tidak dimulai dari sekarang, mau menunggu sampai kapan lagi?