Belajar dari Budaya Antri Jepang yang Bisa Ditiru - MayuhMacah.com - Tingkatkan Pengetahuan dengan Membaca

Belajar dari Budaya Antri Jepang yang Bisa Ditiru

Belajar dari Budaya Antri Jepang yang Bisa Ditiru

MayuhMacah.com - Orang Jepang terkenal dengan kebiasaan-kebiasaan baiknya, salah satunya yaitu mengantri. Sehingga hal tersebut membuat negara Sakura ini mendapatkan predikat sebagai negara terdisiplin di dunia.

Belajar dari budaya antri Jepang seharusnya menjadi kebiasaan yang dipupuk dalam negara Indonesia. Dengan begitu masyarakat Indonesia akan lebih disiplin dan mudah diatur, terutama perihal menghargai orang lain serta memanfaatkan waktu.

Adapun beberapa kebiasaan yang dapat mulai dilakukan adalah sebagai berikut. Silahkan dibaca dan dipahami terlebih dahulu.

Kebiasaan Bermanfaat Jika Belajar Dari Budaya Antri Jepang


1. Anti menyerobot Antrian


Kebiasaan pertama dari masyarakat Jepang adalah mereka anti menyerobot antrian. Kesadaran diri akan mendapatkan giliran untuk dilayani sudah mendarah daging seolah dipegang teguh oleh masyarakatnya.

Sehingga jika kamu disana pasti mau tidak mau harus belajar dari budaya antri Jepang yang satu ini. Menyerobot, mendorong, hingga berebut bukanlah tradisi dari orang Jepang. Bahkan anak kecil pun sudah melakukan kebiasaan ini lho, hebat bukan?.

2. Membaca saat Mengantri


Budaya antri Jepang yang sangat wajib ditiru oleh masyarakat Indonesia adalah ketika mengantri mereka membaca buku.

Sudah bukan hal yang asing lagi masyarakat Jepang membawa sederetan buku untuk dibawa membeli sesuatu yang sekiranya membutuhkan antrean lama.

Adanya waktu yang luang tersebut sangat dimanfaatkan mereka untuk menambah wawasan dan pengetahuan. Pemandangan ini akan kamu temukan ketika berada di negara tersebut. Jadi jangan kaget kalau masyarakat Jepang sangat luas ilmunya.

3. Datang pertama jika ingin mendapatkan pelayanan awal


Waktu bagi mereka adalah uang, jadi akan sangat dimanfaatkan dengan baik dan maksimal.

Bahkan masyarakat Jepang menyadari bahwa jika ingin mendapatkan pelayanan awal maka harus datang pertama. Untuk itu tidak heran apabila orang-orang disana itu produktif dan pekerja keras.

Contoh kecilnya saja, ketika orang-orang tersebut ingin mendapatkan tempat duduk baik saat di kereta maupun bis. Dengan semangat membara mereka akan datang sangat awal dan lebih baik menunggu loket buka daripada harus menunggu antrian yang belakang.

4. Tertib akan membantu Mempercepat Antrian


Orang-orang di negara Jepang lebih memilih untuk tetap tertib ketika mengantri. Pasalnya mereka mengetahui jika mau tertib dan disiplin maka dapat membantu mempercepat proses antrian.

Belajar dari budaya antri Jepang ini dapat kamu coba terapkan di lingkungan sekitar.

Mungkin dengan adanya kesadaran satu orang saja akan membuat yang lain bisa mengerti dan mengikuti cara kamu. Masyarakat Jepang juga berpikir bahwa ketertiban inilah yang akan membantu waktu mereka tidak terbuang percuma pada satu titik saja.

5. Sabar Mengantri berarti Menghargai orang lain


Kebiasaan akan kedisiplinan dan tertib sudah mengakar kuat dalam kehidupan masyarakat Jepang.

Mengantri bagi mereka bukanlah hal yang luar biasa menyebalkan, karena kebanyakan bisa memanfaatkan waktu untuk membaca buku, komik, majalah, ataupun sejenisnya.

Disamping itu orang-orang Jepang juga menerapkan sikap sabar ketika mengantri. Dengan begitu mereka bisa belajar cara menghargai orang lain yang sedang dilayani. Sehingga orang-orang tersebut juga akan mendapatkan perlakuan yang sama dari yang lain.

Beberapa kebiasaan yang bisa menjadi bahan belajar dari budaya antri Jepang akan sangat membantu membentuk pola pikir dan perilaku masyarakat Indonesia.

Setidaknya menanamkan disiplin bisa dimulai sejak dini, supaya ketika besar nanti mereka dapat menjadi orang-orang yang pekerja keras dan bisa menghargai.