Apa Itu Introvert? Kenali Berikut 3 Cirinya - MayuhMacah.com - Tingkatkan Pengetahuan dengan Membaca

Apa Itu Introvert? Kenali Berikut 3 Cirinya

Apa Itu Introvert? Kenali Berikut 3 Cirinya

MayuhMacah.com - Dalam berkehidupan sosial pada masyarakat, diperlukannya rasa sosial yang tinggi. Semakin pintar dalam menempatkan diri maka semakin mudah pula dalam berinteraksi dengan banyak orang.

Namun kepribadian seseorang juga mempengaruhi, oleh karenanya penting bagi tiap individu untuk lebih jauh mengenal apa itu introvert. Supaya dapat mengenal lebih baik diri karakteristik diri dalam berinteraksi.

Pun jika masuk dalam golongan introvert, jangan lantas minder. Karena setiap kepribadian yang dimiliki sesungguhnya punya keunggulannya masing-masing.

Justru dengan sikap introvet yang dimiliki harus dijadaikan motivasi dalam membangun karakter pribadi menjadi makin baik. Dengan paham apa itu introvert, ke depannya diharapkan semakin peduli dalam memperbaiki kekurangan.

Definisi Apa Itu Introvert


Nah, sekarang pasti bertanya-tanya apa itu introvert? yang dimaksud dengan introvert adalah merupakan sifat dasar seseorang yang senantiasa ingin menyendiri.

Pemilik sifat ini bukannya seorang yang egois dan tidak ingin beriteraksi dengan orang lain, bukan. Namun hanya saja lebih cenderung menyukai suasana sepi, tenang dan sendiri. Baginya sepi dan sendiri adalah suatu charger special yang digemarinya.

Kesendirian merupakan me time mujarab baginya. Dengan menyendiri membuat ia leluasa dalam berpikir dan mengambil energi positif. Karena ketika berada di lingkungan dengan suasana yang ramai, pemilik sifat introvert akan banyak mengeluarkan energi.

Ciri-Ciri Orang Yang Memiliki Sifat Introvert


Setelah paham akan apa itu introvert, kini bagaimana kah ciri orang yang memiliki sifat introvert?

Nah bisa diterapkan pada diri sendiri atau teman juga, apakah termasuk ke dalam kategori pemilik sifat introvert ini. Pun jika menjadi salah satu orang yang menjadi pemilik sifat introvert ini, tidak perlu khawatir.

Karena hal tersebut bukanlah suatu keadaan yang harus dikhawatirkan. Ciri yang sering terlihat antara lain,

1. Gemar Menghabiskan Me Timenya Dengan Menyendiri


Banyak orang yang beranggapan bahwa orang yang gemar menghabiskan waktu sendiri adalah pribadi yang tak menyenangkan. Dengan anggapan orang suka menyendiri akan menyandang predikat sebagai pemalu, pemurung atau menarik diri.

Padahal orang yang memilki sifat introvert menyendiri untuk membantunya mengecharge pikiran. Karena pemilik sifat introvert ini membutuhkan banyak energi, ketika mereka harus berinteraksi dengan orang banyak.

Belum lagi jika kegiatan tersebut dilakukan dalam waktu yang lama. Maka sangat penting baginya untuk memiliki ruang sendiri untuk menyegarkan pikiran.

Hal ini sangat berpengaruh ketika dituntut untuk menyelesaikan atau mengambil keputusan, mereka membutuhkan waktu untuk berpikir sendiri.

2. Memiliki Sedikit Teman


Orang yang memiliki sifat introvert memang cenderung akan memiliki sedikit teman. Itulah mengapa mereka pemilik sifat ini akan lebih dekat keluarganya. Yang paling menarik dan mengesankan dari orang dengan sifat introvert justru akan sangat menghargai teman.

Pemilik sifat introvert akan menjaga hubungan tersebut dengan sangat baik. Jadi orang dengan sifat ini cocok untuk dijadikan soulmate karena sifatnya yang setia.

3. Gampang Terdistraksi


Orang yang memiliki sifat introvert, memang sulit untuk fokus maupun konsentrasi ketika dituntut untuk mengambill keputusan dalam keramaian.

Itulah sebabnya pemilik sifat ini akan mudah terdistraksi. Karena mereka akan fokus jika dalam keadaan tenang dan sepi, maka diperlukannya asisten jika melakukan pekerjaan yang penting.

Jadi bisa ditarik kesimpulan bahwa apa itu introvert bukanlah suatu gangguan kepribadian.

Karena orang dengan sifat ini tidak memilki masalah ketika dituntut untuk berinteraksi dengan orang lain. Hanya saja pemilik sifat introvert ini memiliki cara khusus dalam menstimulasi energi pada dirinya dengan cara menyendiri.