Rahasia Tomat untuk Kecantikan Wajah - MayuhMacah.com - Tingkatkan Pengetahuan dengan Membaca

Rahasia Tomat untuk Kecantikan Wajah

Rahasia Tomat untuk Kecantikan Wajah

MayuhMacah.com - Tomat merupakan salah satu jenis buah yang gampang kita temukan di sekitar rumah kita, misal warung penjual sayur atau sembako.

Beberapa orang meremehkan buah tomat ini, padahal buah tomat memiliki beberapa khasiat, khususnya pada kecantikan wajah. Warna merah pada Tomat karena mengandung zat likopen yang membantu melindungi dari sinar ultraviolet matahari, yang juga berguna untuk kecantikan.

Dibawah ini kandungan dalam setiap 100 gram (g) buah tomat:

  • Kalori: 18
  • Air: 95%
  • Karbohidrat: 3,9 g
  • Protein: 0,9 g
  • Gula: 2,6 g
  • Serat 1,2 g
  • Lemak: 0,2 g
  • Vitamin C: 28% dari angka kecukupan gizi (AKG)
  • Potasium
  • Vitamin K
  • Folat
  • Likopen
  • Beta karoten

Manfaat Tomat untuk Kecantikan Wajah


Dilihat dari kandungan nya, tomat bukan hanya sekedar penghias makanan, Yuk baca apa saja rahasia tomat untuk kecantikan wajah.

Mengobati Jerawat


Buah yang satu ini memiliki kandungan likopen tinggi, yang berperan sebagai anti-oksidan yang aktif. Senyawa anti-oksidan dapat menangkal radikal bebas atau oksidan, yang memiliki efek detoksifikasi yang menghilangkan racun penyebab jerawat.

Pernah gak kalian membaca kandungan zat pada produk anti jerawat? disitu pasti ada yang namanya salicylic acid.

Karena Salicylic acid dapat membersihkan dan mengeksfoliasi racun dan bakteri dalam pori-pori pada wajah. Dan pada tomat didalamnya terkandung zat tersebut, yang juga dapat menyeimbangkan kadar pH.

Mengecilkan Pori


Masalah kulit lainnya adalah pori-pori yang besar, sehingga memudahkan kotoran dan racun untuk masuk ke dalam kulit wajah. Bukan hanya jerawat, hal itu juga akan menimbulkan masalah kulit lainnya, jadi jangan pernah nyentuh kulit wajah saat tangan kotor.

Karena tomat mengandung vitamin A, C, K, E, B1, B2, B3, dan B6, kalian bisa kombinasi kan mentimun dan tomat sebagai masker untuk mengecilkan pori-pori.

Mengurangi Minyak


Kalian bisa mencampurkan tomat dengan air lemon, yang juga dapat mengikat minyak berlebih pada wajah. Karena Glikemik Indeks (GI) pada tomat rendah, sehingga tidak menyebabkan produksi lemak dan minyak berlebih pada wajah.

Menghilangkan Komedo (blackhead)


Komedo hitam adalah tonjolan kecil berwarna gelap yang biasa muncul pada permukaan kulit. Komedo jenis ini adalah masalah wajah yang sering dijumpai. dan ternyata tomat juga memiliki rahasia untuk mengatasi komedo ini.

Caranya, kalian bisa mencampurkan air lemon, oatmeal dan tomat untuk menghilangkan komedo ini. Campurkan ketiga bahan tersebut, saran aku di blender hingga merata, usap pada wajah, dan diamkan selama kurang lebih 25 menit lalu bilas dengan air bersih.

Menyegarkan Kulit Wajah


Jika kalian memiliki wajah berminyak dan kelihatan tidak segar atau kusam, tomat juga bisa jadi alternatif daripada perawatan kulit yang mahal. Sama dengan mengecilkan pori, kalian bisa kombinasikan mentimun dan tomat ini dengan cara dibuat jus, aplikasikan pada wajah dengan kapas.

Gimana, banyakkan manfaatnya? Lakukan hal diatas secara rutin biar hasilnya maksimal. Itulah Rahasia Tomat untuk kecantikan wajah, ingat! Jangan pernah meremehkan tomat lagi ya, dan bagikan artikel ini jika dirasa bermanfaat.