Kuasai Bahasa Asing - MayuhMacah.com - Tingkatkan Pengetahuan dengan Membaca

Kuasai Bahasa Asing

Kuasai Bahasa Asing

MayuhMacah.com - "Kuasai Bahasa Asing" Sebuah kalimat yang merupakan salah satu jargon dari Badan Bahasa. Kalian tahu ada apa dan apa sih maksud dari kalimat tersebut? Kita kilas balik lagi perihal sejarah yuk!

Kalian pasti tahu kan, negara kita Indonesia adalah negara bekas jajahan negara asing. Berbagai negara ingin merampas kekayaan alam Indonesia guna untuk unjuk gigi sebagai negara terkaya dan maju.

Dan, di sisi lain, negara asing menjajah Indonesia untuk memperlebar wilayah geografisnya.

Tidak hanya itu, penjajah yang sekian abad lamanya menggerogoti Indonesia juga melalui konter pendidikan dan bahasanya. Sehingga mengharuskan masyarakat pribumi tahu akan bahasa penjajah untuk mengenyam pendidikan tinggi kala itu.

Sedapat mungkin untuk dikatakan orang yang berpendidikan. Sebagaimana nantinya konter pendidikan yang dirancang penjajah, bisa jebol akan kecerdasan para intelektual sehingga turut andil dalam kemerdekaan Indonesia.

Setelah kita melek sejarah di atas, betapa pentingnya peran bahasa penjajah/asing dalam kehidupan melawan penjajah. Hal demikian sinkron dengan jargon "Kuasai Bahasa Asing" yang dikemukakan Badan Bahasa.

Karena mengusai bahasa asing bagian dari kontribusi melawan kebodohan dengan menumbuhkan pemikiran untuk merdeka kala itu.

Selain itu, mengapa kita sebagai rakyat Indonesia perlu menguasai bahasa asing? Karena kehidupan sekarang sudah jauh berkembang, baik dari segi teknologi, pendidikan, perekonomian, pariwisata yang demikian memerlukan kolaborasi dengan negara-negara asing.

Maka akan terjadi keterlibatan bahasa asing tanpa terkecuali di ruang interaksi komunikasi. Sebagaimana kita ketahui kerap kali ketika kita membaca dan menulis pesan kepada teman melalui aplikasi Whatsaap, Telegram, Facebook, Twitter, Instagram, dll.

Lalu, Bagaimana Cara Menguasai Bahasa Asing?


Untuk bisa berbahasa asing tentunya perlu pembiasan atau praktik setiap kali berkomunikasi. Praktik yang dilakukan perlu juga disertai ilmu, baik ilmu dengan berguru atau Ilmu otodidak.

Artinya kita bisa berbahasa asing dengan kursus. Adapun juga dengan otodidak yakni berada di lingkungan yang erat kaitannya dengan bahasa asing atau yang biasa admin MayuhMacah lakukan dengan menonton film-film luar negeri.

Kenapa penting Menguasai Bahasa Asing?


Mindset kehidupan manusia sekarang sudah tidak terkungkung hanya hidup di negaranya saja, melainkan sudah berotasi menjadi warga dunia.

Maka segala sesuatunya dihadapkan oleh bahasa asing di mana pun berada, sebagaimana bahasa asing yang diakui dunia internasional yakni bahasa Inggris. Seperti contoh berikut:

  1. Dalam dunia teknologi, khususnya teknologi digital game online. Pasti kita tidak asing melihat, mendengar, bahkan memainkan game tersebut yang menggunakan bahasa asing. Tentu ada bukan? 
  2. Dalam dunia pendidikan, mustahil rasanya kita tidak pernah diajari bahasa asing. Selain itu, tidak sedikit pelajar-pelajar Indonesia yang mencari Ilmu di luar negeri yang demikian memerlukan bahasa Asing.
  3. Dalam dunia perekonomian, aspek kehidupan masyarakat Indonesia secara umum terlibat langsung perihal perekonomian. Ekspor dan impor menjadi salah satu rujukan mengembangkan perekonomian Indonesia yang mana keduanya membutuhkan bahasa asing untuk berkomunikasi.
  4. Dalam dunia pariwisata, masyarakat Indonesia secara umum tidak hanya ingin berwisata di tempat lokal, melainkan mencari destinasi wisata yang berada di luar negeri. Sebaliknya, bagi wisatawan mancanegara juga tidak sedikit yang berwisata di Indonesia.
Maka keempat contoh tersebut sangat relevan bagi kita untuk menguasai bahasa asing. Dengan menguasai bahasa asing, tentu akan menjadi salah satu faktor bagi individu kita menjadi warga dunia.

Selain itu, dengan menguasai bahasa asing sama halnya memberikan kontribusi secara tidak langsung kepada negara yakni sebagai warga yang tidak kaku akan perkembangan bahasa di dunia.

Kesimpulan


Berdasarkan uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa menguasai bahasa asing merupakan keuntungan bagi diri pribadi dan sekitar dalam mengarungi kehidupan sebagai warga dunia saat ini.

Menguasai bahasa asing juga bagian dari keinginan serta kontribusi sebagai masyarakat Indonesia. Terlebih masyarakat Indonesia sadar akan pentingnya menguasai bahasa asing dalam aspek kehidupan yang serba kompleks dan mendunia.

Maka merupakan hal penting juga sebagai masyarakat Indonesia menguasai bahasa asing untuk kepentingan individu maupun eksistensi negaranya di mata dunia. Thanks and see you!